Kapolsek Sindang Pimpin Kegiatan Sosialisasi Bahaya TPPO

Indramayu,- Polsek Sindang jajaran Polres Indramayu Polda Jabar dipimpin langsung Kapolsek Sindang AKP H. Suhendi, S.H., M.H., menggelar kegiatan sosialisasi tentang nasionalisme kebangsaan dan pencegahan Tidak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di SMA PGRI 2 Sindang, Kabupaten Indramayu. Jumat (10/5/2024)

“Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi LPK Kaina Sindang tentang bahaya TPPO serta pentingnya menjaga nasionalisme dan kebangsaan,” kata Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar melalui Kapolsek Sindang, AKP H. Suhendi.

Dalam materi kegiatan tersebut, Kapolsek menekankan bahwa sosialisasi tentang pencegahan TPPO merupakan salah satu upaya preventif pihak kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana perdagangan orang.

“Hal ini dilakukan melalui penyampaian informasi kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan modus-modus yang digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata AKP H. Suhendi didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Junata.

Beberapa modus operandi TPPO yang disoroti dalam sosialisasi ini antara lain masyarakat diingatkan agar waspada terhadap tawaran gaji besar yang tidak masuk akal, karena seringkali menjadi umpan bagi para pelaku TPPO.

Selain itu, ancaman melalui hutang juga menjadi modus yang kerap digunakan, sehingga penting untuk memahami batasan-batasan dalam mengelola keuangan.

“Ancaman dan penculikan terutama terhadap anak-anak menjadi perhatian serius, dan masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat,” kata Kapolsek.

Lebih dari itu, pemalsuan identitas juga sering terjadi dalam kasus TPPO, oleh karena itu penting untuk melakukan pengecekan resmi terhadap lembaga atau perusahaan yang menawarkan pekerjaan.

Kapolsek juga menegaskan pentingnya menempuh jalur legal (resmi) dalam mencari pekerjaan, termasuk dengan melakukan pengecekan terhadap LPK yang menawarkan pekerjaan resmi serta cek ke Dinas Tenaga Kerja apakah terdaftar atau tidak.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk menggali dan mengembangkan potensi diri serta semangat dalam bekerja agar mampu bersaing di dunia kerja.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Polsek Sindang Polres Indramayu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya TPPO,” tutup Kapolsek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *