Kabupaten Pringsewu Canangkan Desa Cantik

BUDAYA23 Views

PRINGSEWU, BUSERJATIM. COM GRUOP- Kabupaten Pringsewu mencanangkan Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik. Ada 4 pekon yang dicanangkan sebagai Desa Cantik di Kabupaten Pringsewu, yaitu Pekon Panutan dan Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran, Pekon Wonodadi Utara, Kecamatan Gadingrejo dan Pekon Fajaragung, Kecamatan Pringsewu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi pada acara Pencanangan Desa Cantik sekaligus Workshop Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Hotel Regency Pringsewu, Rabu (8/5/2024) berharap empat pekon yang dicanangkan menjadi Desa Cantik ini bisa menjadi pelopor bagi pekon-pekon lainnya di Kabupaten Pringsewu.

Dikatakan Sekda, dalam membangun memang harus berdasarkan data. Sebab, jika semua pekon dan perangkat daerah di dalam menyelenggarakan pembangunan berbasis data yang benar, tentu peningkatannya akan luar biasa.

“Karena data itu juga bisa menjadi rambu-rambu bagi kita, serta mengenai capaian maupun gambaran tren kedepan, sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah antisipasi, dengan demikian tujuan pembangunan bisa dicapai secara maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pringsewu Eko Purnomo mengatakan Desa Cinta Statistik merupakan bentuk pembinaan terkait statistik sektoral sampai level desa, guna memberikan peningkatan literasi statistik baik kepada perangkat pekon maupun masyarakat.

Dengan demikian, perangkat pekon bisa membangun dan mengumpulkan data statistik sendiri, termasuk pemanfaatan data-data statistik yang sudah dikumpulkan BPS maupun kementerian dan lembaga lainnya.

“Terkait alasan dipilihnya keempat pekon tersebut sebagai Desa Cantik, hal ini terkait dengan hasil Indeks Desa Membangun disamping keempat pekon tersebut sudah melaksanakan program Smart Village,” ujarnya.

Acara pencanangan Desa Cinta Statistik tersebut dihadiri kepala perangkat daerah terkait, Camat serta Kepala Pekon yang ditetapkan sebagai Desa Cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *