Kegiatan Jumat Curhat Polsek Jatibarang: Dialog Terbuka Antara Bhabinkamtibmas dan Masyarakat

Uncategorized108 Views

 

Indramayu,- Polsek Jatibarang jajaran Polres Indramayu Polda Jabar melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Jatibarang Lama, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Jumat (5/1/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Jatibarang Lama, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jatibarang, Tokoh Masyarakat Desa Jatibarang Lama, serta perwakilan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Jatibarang, Kompol Rynaldi Nurwan, S.H., M.H., diwakili oleh Bhabinkamtibmas Polsek Jatibarang, Brigadir Casono, S.H., berserta dua anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jatibarang.

Ada tanya jawab antara anggota Bhabinkamtibmas dengan perwakilan masyarakat Desa Jatibarang Lama.

Salah satu pertanyaan dari masyarakat menyoroti peran Bhabinkamtibmas dalam institusi POLRI untuk masyarakat di Wilayah hukum Polres Indramayu, khususnya di Desa Jatibarang Lama.

Anggota Bhabinkamtibmas, Bripka Hartanto, menjelaskan bahwa peran Bhabinkamtibmas antara lain adalah mendengarkan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan kepolisian atau permasalahan umum yang dihadapi oleh warga.

Pertanyaan lainnya menyangkut keberadaan polisi yang selalu stand by di Pos Polisi Komplek Pasar Lama Jatibarang dan RTH setiap tahun.

Anggota Bhabinkamtibmas, Bripka Hartanto, menjelaskan bahwa keberadaan Pos Siaga dari Polsek Jatibarang bertempat di Komplek Pasar Lama Jatibarang selama akhir tahun adalah untuk melaksanakan PAM Natal dan Tahun Baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi arus mudik, menjaga kondusifitas, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat yang merayakan Natal di gereja-gereja di wilayah hukum Polsek Jatibarang.

Sementara kehadiran polisi di RTH dijelaskan sebagai upaya pengamanan untuk mencegah tindak kriminalitas, seperti pencurian, tawuran, dan kejahatan lainnya. Tujuannya agar masyarakat yang berkunjung ke RTH Jatibarang merasa nyaman dan aman.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Bhabinkamtibmas lainnya, AIPDA Deny Rajabia, memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan sekitar lingkungan RTH, terutama dalam musim penghujan. Himbauan juga diberikan agar masyarakat menjaga setiap barang bawaan dan memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian.

Terpisah Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar melalui Kapolsek Jatibarang, Kompol Rynaldi Nurwan mengatakan kegiatan Jumat Curhat tersebut sebagai bentuk penguatan hubungan baik antara kepolisian dan masyarakat.

Kegiatan Jum’at curhat tersebut dilaksanakan untuk mendengar secara langsung informasi, keluhan, aduan, saran, kritik dan masukan dari masyarakat kepada Kepolisian terkait semua permasalahan yang terjadi maupun terkait Harkamtibmas sehingga terjalin silaturahmi dan kemitraan antara Polri dan masyarakat, dimana kegiatan Jumat Curhat juga merupakan program Quick Wins Polri Presisi dari Bapak Kapolri.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kemitraan antara Polri dan masyarakat di wilayah hukum Polsek Jatibarang,” ucap Kapolsek didampingi Kasi Humas Polres Indramayu, AKP Saefullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *