Tradisi Fleet Commander Inspection Tandai Pergantian Panglima Komando Armada III

 

SORONG PBD, BUSERJATIM.COM GRUOP – Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi dan Laksamana Muda TNI Hersan, yang merupakan Dua Petinggi TNI Angkatan Laut melaksanakan Fleet Commander Inspection, untuk menginspeksi kapal-kapal perang di jajaran Koarmada III di Dermaga Lantamal XIV Sorong dan di perairan sekitar Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya dengan mengggunakan KRI Gulamah-869. Selasa (28/11/23).

Pelaksanaan Fleet Commander Inspection tersebut merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang merupakan rangkaian kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoarmada III dari Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang selanjutnya menjabat sebagai Asops Panglima TNI kepada Laksamana Muda TNI Hersan yang akan menjabat sebagai Pangkoarmada III.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur Koarmada III yang terakhir kalinya sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan, dalam kesempatan ini, Pangkoarmada III mengatakan unsur-unsur yang dimiliki Koarmada III sangat mendukung untuk membantu tugas pokok Koarmada III dalam mendukung tugas dari Koarmada RI, dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di wilayah kerja Koarmada III. “Saya akan meneruskan kebijakan dari Pangkoarmada III sebelumnya, dalam menjaga kedaulatan, khususnya di wilayah Indonesia Timur,” tegas Pangkoarmada III.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, menyampaikan kepada seluruh Prajurit Koarmada III untuk tetap memberikan dukungan yang sama kepada Pangkoarmada III yang baru, dan juga disampaikan mohon diri dan mohon doa restunya untuk mengemban tugas selanjutnya di Mabes TNI, sampai jumpa di penugasan selanjutnya, ungkapnya.

Selesai pelaksanaan Fleet Commander Inspection dilanjutkan dengan Apel Khusus kepada seluruh Prajurit Mako Koarmada III, dan Exit Briefing serta Entry Briefing kepada seluruh jajaran Koarmada III baik secara virtual dan Tatap Muka, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf, Inspektur dan Kapoksahli Koarmada III, Komandan Guspurla Koarmada III, Komandan Guskamla Koarmada III, Komandan Lantamal IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong serta Para Komandan Lanal di jajaran Koarmada III.

(Tim/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *