Kabag Ops Polres Cirebon Kota Hadiri Pelepasan Peserta Cycling De Jabar 2024 di Balai Kota Cirebon

POLRES CIREBON KOTA,-Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota menyambut antusias gelaran Cycling De Jabar 2024 yang bertujuan mempromosikan semangat olahraga kepada masyarakat.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto, S.Ik.,M.M melalui Kabag Ops Polres Cirebon Kota AKP Muhyidin, menyampaikan dukungan tersebut saat menghadiri pelepasan peserta Cycling De Jabar 2024 di Balai Kota Cirebon pada Jumat malam (24/5/24).

AKP Muhyidin mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan upaya Polres Cirebon Kota untuk mendukung gaya hidup sehat dan semangat sportivitas di kalangan masyarakat.

“Kami sangat mendukung Cycling De Jabar 2024 karena acara ini tidak hanya mempromosikan olahraga tetapi juga meningkatkan kebersamaan dan semangat juara di antara peserta dan masyarakat,” ujarnya.

Cycling De Jabar 2024, yang diikuti oleh 202 pebalap, akan menempuh jarak 213 kilometer dari Kota Cirebon menuju Pangandaran. Dengan tema “Semangat Jawara,” acara ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih aktif berolahraga dan menjaga kesehatan.

Kabag Ops Polres Cirebon Kota juga menambahkan bahwa pihak kepolisian telah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan selama acara berlangsung.

“Kami telah menyiapkan pengawalan dan pengamanan di sepanjang rute yang dilalui peserta. Kami ingin memastikan semua berjalan dengan lancar dan aman,” jelas Muhyidin.

Pelepasan peserta Cycling De Jabar 2024 di Balai Kota Cirebon berlangsung meriah, dengan dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, atlet, dan masyarakat yang antusias menyaksikan acara ini. Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian Kota Cirebon melalui kunjungan peserta dan wisatawan.

“Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, kami berharap acara ini bisa berlangsung sukses dan menginspirasi semangat olahraga di kalangan masyarakat,” tutup AKP Muhyiddin.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan peserta gelaran Cycling de Jabar tahun ini, melonjak dibandingkan dengan tahun sebelumnya, para peserta berasal dari sejumlah daerah dan berbagai profesi.

“Tentunya ini sangat baik bagi Jabar, kami memiliki pariwisata di semua daerah, dari mulai keindahan pantai dan juga pegunungan kami (Jabar) miliki,” kata Bey.

Sebanyak 202 pesepeda mulai melaju dari Balai Kota Cirebon menuju Kabupaten Pangandaran. Jarak yang ditempuh pesepeda sejauh 213 kilometer.

“Cycling de Jabar ini ajang meningkatkan pariwisata Jawa Barat, terima kasih sudah menjadi agen pariwisata kami,” katanya

Pesepeda akan melintasi dua kota dan lima kabupaten di bagian utara dan selatan Jabar.

Daerah itu yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar dan finis di Pangandaran.

“Dua tahun terakhir (Cycling de Jabar) digelar di Jabar Selatan, sekarang di utara. Kami ingin menunjukkan Jabar utara ini tidak kalah indahnya dengan Jabar selatan pariwisatanya,” ungkap Bey

Selama perjalanan, pesepeda akan melalui sejumlah pemandangan hijau persawahan di Kuningan dan Ciamis dan juga akan melewati wisata Waduk Dharma dan Pantai Pangandaran.

“Nanti startnya di Waduk Dharma, Kuningan, juga indah. Kami berharap dengan adanya Cycling de Jabar ini turut mempromosikan daerah tersebut,” katanya.

Selain itu, Bey berharap setelah gelaran itu selesai banyak wisatawan datang ke Jabar terutama wisata di Ciayumajakuning karena memiliki kearifan lokal. Mulai dari wisata alam, adat dan budaya, kuliner dan fesyen, yang cocok dipadukan dengan konsep sports tourism dan eco tourism seperti yang diusung Cycling de Jabar.

“Kami berharap di daerah Ciayumajakuning ini, pariwisata lebih dapat dikembangkan, karena potensi itu ada,” ungkap Bey.

“Tentunya seluruh wisatawan dan masyarakat akan sering mengunjungi Jawa Barat setelah acara ini. Di sini kami sudah mempunyai infrastruktur Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati,” tutup Bey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *