by

Wujud Optimalisasi Pelayanan Disduk Capil Untuk Masyarakat Majalengka

-Daerah-177 views

matamaja.comMajalengka. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Majalengka. Menargetkan pada tahun 2022 berupa optimalisasi pelayanan pencetakan dokumen kependudukan khususnya E-KTP dan Kartu Keluarga (KK), diharapkan bisa dicetak di kantor-kantor Kecamatan se kabupaten Majalengka.

Tahap awal pada saat sekarang ini dari total 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka,baru terealisasi di 6 Kecamatan yaitu kecamatan Talaga, Bantarujeg, Malausma, Leuwimunding, Jatiwangi dan Kertajati.

Dari 6 Kecamatan tersebut beberapa diantaranya terintegrasi dengan Kecamatan terdekat yang belum bisa melakukan cetak e-KTP, kecuali untuk Kecamatan Malausma khusus melayani warga Kecamatan Malausma.

Saat ditemui di ruang kerjanya hari Selasa lalu (09/02/2021). Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Didi Suherdi, S.Ag, mengatakan. “Ini adalah bentuk optimalisasi pelayanan dari kami, agar masyarakat yang tempatnya jauh dari kantor Disdukcapil tetap bisa menikmati pelayanan dari kami tanpa harus jauh-jauh datang kesini, meskipun begitu disini pun pelayanan pengurusan dokumen kependudukan masih sama seperti biasanya apalagi untuk Kecamatan Majalengka, Kadipaten serta Cigasong pelayanannya masih langsung di kantor Disdukcapil”, imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Dinas (Sekdis) DISDUKCAPIL Hj Pipih Ratna Supinah, S.H, M.Si. seraya menambahkan bahwa semua ini tidak lain adalah untuk mendukung program pemerintah agar program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), bisa maksimal. Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan cukup membawa berkas persyaratannya, surat pengantar atau surat keterangan dari Desa setempat untuk selanjutnya dilakukan pelayanan seperti pencetakan e-KTP di kantor Kecamatan yang telah ditunjuk.

“Semua ini adalah upaya dari kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar semakin dekat dan mudah”, diharapkan pada tahun 2022 mendatang 26 Kecamatan di Kabupaten Majalengka sudah bisa melayani pencetakan e-KTP, untuk pengadaan alat pencetakan e-KTP berasal dari Anggaran Pemerintah Daerah (APBD) Kabupaten Majalengka tahun anggaran 2021-2022.

Terakhir kami sampaikan pula, sekali lagi bahwasannya segala pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat semuanya tidak dipungut biaya alias GRATIS, kecuali untuk permohonan pembuatan akta kelahiran bagi yang telat mengajukan berkasnya 6 bulan ataupun lebih sejak tanggal kelahiran, dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp.25,000 pungkasnya. (Dick)