by

Waspada! Gunung Merapi di Perbatasan DIY-Jateng Keluarkan Lava Pijar

 matamaja.com – DIY.Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah sudah dua kali mengeluarkan guguran lava pijar ke arah tenggara, Kamis (25/3/2021).

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menjelaskan, guguran lava pijar yang mengarah ke hulu Kali Gendol, Cangkringan, Sleman, terpantau muncul pada pukul 17.40 WIB dan 23.16 WIB.

“Jarak luncur maksimal 400 meter,” terang Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida dalam siaran persnya, Jumat (26/3/2021).

Aktivitas vulkanik ini terpantau melalui sejumlah kamera pengawas Gunung Merapi. Seperti, yang berada di Pos Induk Balerante, Klaten Jawa Tengah.

Dalam video itu terlihat lelehan lava pijar mengalir dari bukaan kawah utama Gunung Merapi.

“Untuk sumber (guguran) berasal dari kubah lava yang berada di tengah,” lanjut Hanik.

Sekedar infomasi, volume kubah lava di sisi tengah kawah ini terus bertambah semakin harinya. Sehingga mendesak material yang di atas dan terjadilah guguran.

Adapun data hasil pemantauan terakhir BPPTKG mengungkap volume kubah lava sisi tengah mencapai 950 ribu meter kubik dengan kecepatan pertumbuhan sejak 4 Januari 2021 sebesar 12.800 meter kubik per hari.

Sementara itu, kubah lava sisi barat daya sebesar 840 ribu meter kubik dengan laju pertumbuhan 12.900 meter kubik per hari.(pmjnews)