by

Viral, Ustadz Gadungan Gandakan Uang Ditangkap Polres Metro Bekasi

matamaja – Bekasi. Pria berinisial H viral di media sosial usai menunjukkan keahliannya dalam menggandakan uang dengan berbekal jenglot. Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, pria tersebut dikenal sebagai ustadz.

“Dia mengaku sebagai ustadz, tapi saat pemeriksaan ditanya perihal surat Al-Quran, enggak ngerti sama sekali,” tutur Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, saat dikonfirmasi, Senin (22/3/2021).

Hendra menuturkan, pelaku (H) dan istrinya saat ini sudah diamankan dan sedang menjalani pemeriksaan di Polsek Babelan. Sejalan dengan itu, pihak kepolisian juga terus mengusut video tersebut untuk mengetahui apakah ada unsur penipuan atau tidak.

“Saat ini masih dalam penyelidikan ya, apakah yang bersangkutan ini benar bisa menggandakan atau ini cuma sekadar main-main atau justru ada itikad melakukan penipuan, masih kami selidiki,” sambungnya.

Diketahui, aksi H yang mampu menggandakan uang dengan menggunakan jenglot viral usai diunggah di media sosial Facebook pada Sabtu (20/3/2021) lalu. Awal mulanya, H membuka sebuah kotak kecil berwarna abu berisi benda berwarna hitam, kemudian dibungkuslah benda tersebut menggunakan kertas.

Kertas tersebut dipindahkan ke kotak hitam berukuran besar sebanyak dua kali, dan menutupnya dengan kantong plastik berwarna hitam. Usai ditutup, muncul asap dari kantong plastik tersebut dan setelah kotak tersebut dibuka terlihat uang dengan pecahan Rp100 ribu dalam jumlah yang sangat banyak. (pmj)