by

Viral! Bandung Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Matamaja.com//Wisata Bandung – Sebuah jembatan gantung di Bandung viral di media sosial setelah disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Panorama jembatan gantung tersebut pertama kali diunggah Bupati Bandung, Dadang Supriatnya.

Dalam postingan Instagramnya @dadangsupriatna, sang bupati menyebut Jembatan Gantung Rengganis, sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

“Jembatan Gantung Rengganis ini memiliki panjang 370 meter dan berada 80 meter di atas tanah, itulah yang menobatkannya sebagai jembatan gantung terpanjang,” tulis Dadang, dalam unggahan Instagramnya pada Senin (9/5).
Dadang mengatakan, bahwa dirinya dan istri juga ikut menjajal langsung pengalaman melintasi jembatan gantung yang terletak di Kecamatan Rancabali, Bandung, ini.
“Hari ini Saya bersama istri beserta jajaran mencoba secara langsung merasakan sensasi melintasi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara yaitu Rengganis Suspension Brige atau Jembatan Gantung Rengganis,” lanjut Dadang.

Dadang mengungkapkan saat berada di jembatan, ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati pengunjung. Dari sana, pengunjung juga bisa melihat kawah Rengganis yang indah berselimut kabut atau matahari terbenam di pengujung hari.

“Keindahan Kawah Rengganis terbentuk oleh alam, sehingga keindahannya pun alami,” ungkap Dadang.

Kalahkan Jembatan Gantung Situ Gunung

Ia pun mengeklaim Jembatan Gantung Rengganis atau Rengganis Suspension Bridge sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara, karena berhasil mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Situ Gunung Suspension Bridge yang terletak di Sukabumi. Hal itu dikarenakan panjang Jembatan Gantung Rengganis 200 meter lebih panjang dari jembatan gantung di Sukabumi.

“Jembatan ini mengalahkan jembatan terpanjang sebelumya yang ada di Sukabumi yang panjangnya 200 meter lebih. Jembatan gantung rengganis memiliki panjang kurang lebih 370 meter ini menghubungkan ke akses Wisata Kawah Rengganis di Ciwidey,” lanjut Dadang.

Tak hanya itu, Jembatan Gantung Rengganis juga menjadi penghubung akses wisata ke kawah Rengganis yang ada di Ciwidey. Untuk itu, ada banyak keindahan yang ditawarkan wisatawan.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan juga bisa menikmati kolam air panas dan juga kawah yang punya nilai historis yang kuat.
“Keindahan itu juga ditambah dengan pesona alam serta air panas yang ada di Kawah Rengganis Ciwidey punya nilai historis yang kuat karena merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu,” imbuhnya.
Sambil menikmati suasana alamnya, wisatawan bisa berendam dan berenang di air hangat alami yang mengandung belerang. Air hangat belerang dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit.
“Air hangatnya yang alami, mengandung belerang yang konon bisa bantu menyembuhkan penyakit,” katanya.
Untuk menikmati keindahan Jembatan Gantung Rengganis, pengunjung wajib merogoh kocek sekitar Rp 100 ribu. Adapun, harga tiket tersebut termasuk welcome drink, tiket masuk jembatan pulang dan pergi, serta tiket masuk ke Kawah Rengganis. Sementara itu, untuk tiket reguler dibanderol Rp 70 ribu.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara di Bandung ini?

(@aher/kumparan.com)