by

Universitas Hindu Negeri Pertama Bernama I Gusti Bagus Sugriwa, Ini Penjelasannya

matamaja – Bali. Universitas Hindu Negeri (UHN) pertama di Indonesia diberi nama I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa. Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama, Tri Handoko menjelaskan bahwa nama tersebut dipilih karena melihat sosok IGB Sugriwa.

Menurut Tri Handoko, IGB Sugriwa adalah sosok yang sangat dihormati. Selain intelektual Hindu, IGB Sugriwa dikenal memiliki jiwa kejuangan, nasionalisme dan sangat mencintai Bali dan masyarakat Bali.

“Oleh karenanya, kampus Hindu Negeri Pertama di Indonesia ini diberi nama UHN IGB Sugriwa,” kata Tri Handoko usai launching UHN IGB Sugriwa menuju World Class University, di Kampus Bangli, Sabtu (11/9/2021).

“Kita selaku umat Hindu, sangat memahami bagaimana pemikiran-pemikiran IGB Sugriwa, yang melampaui zamannya,” tambahnya.

Tri Handoko menjelaskan, umat Hindu secara keseluruhan sampai saat ini masih bisa merasakan apa yang dipikirkan oleh IGB Sugriwa masa itu. Ternyata, pemikirannya sangat sesuai dengan kondisi zaman saat ini.

“IGB Sugriwa merupakan intelektual Hindu, agawamawan, politikus dan budayawan. Ini harus diteladani umat Hindu. Jangan sampai pemikir-pemikir yang besar seperti itu, kita tidak ambil inspirasinya untuk membangun bangsa,” pesannya.

Tri Handoko berharap, civitas akademika UHN IGB Sugriwa dan seluruh umat Hindu di nusantara, bisa mengambil inspirasi yang pernah ditelurkan oleh IGB Sugriwa dengan semangat membangun Hindu Bali, membangun Nusantara ke depan.

“Saya kira, pemikiran-pemikiran IGB Sugriwa, bisa disebut sebagai politikus, agamawan, budayawan dan seorang yang nasionalis. Dan itu telah melekat pada diri IGB Sugriwa,” tutupnya. (kemenag)

Topik Hangat