by

Tour de Linggarjati Kembali Digelar November 2022

-DAERAH-20 views

matamaja.com – KUNINGAN,-  Menghadapi Gelaran Tour de Linggarjati (TdL) yang direncanakan di Bulan November 2022 mendatang. Pemkab Kuningan sebagai penyelenggara terus melakukan persiapan dengan seluruh kepanitiaan, Senin (26/9/2022) di Ruang Rapat Linggarjati dengan pembahasan mulai agenda kegiatan, jarak tempuh dan lainnya.

Ketua Panitia TdL ke 6 Trisman Supriatna, M.Pd  mengungkapkan, berbagai persiapan terus dikebut jelang even TdL ke 6 dengan tema ‘Menjelajah di Arcapada’ yang  memiliki makna menjelajah di Bumi Kuningan. Kita berharap dukungan doa dari masyarakat Kuningan agar pelaksanaan TdL ke 6 ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Trisman Supriatna menerangkan, untuk agenda Kegiatan TdL ke-6 akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 November 2022, untuk hari pertama Kamis dilakukan registrasi, technical meeting dan welcome party, selanjutnya Hari Jumat  pelaksanaan Gran Fondo dengan jarak tempuh sekitar 143,3 Km. Ada juga city tour ke beberapa DTW yang ada di Kuningan dengan titik kumpul Depan Pendopo ditambah pembukaan festival.

Untuk Gran Fondo Star Jl. Siliwangi-Tugu Kuda Bendungan Kuningan-Tanjakan Kiara Domba-Tugu Kuningan Sajati Ancaran-Gedung Perundingan Linggarjati-Pondok Cai Paniis Palutungan- Desa Sakerta Timur Darma-Jagara, Kawasan Waduk Darma- Finis Pertokoan Siliwangi.

“Selanjutnya  di Hari Sabtu digelar Individual Road Race dengan Star Jalan siliwangi dibagi 3 kategori putra dan putri, yaitu IRR Men Youth And Women (junior, youth dan elite) jarak tempuh sekitar 29,4 Km, IRR Men Junior dan Master  A jarak tempuh sekitar 57,4 Km, sementara untuk jarak tempuh sekitar 131,2 Km Men Elite (Individual). Dimeriahkan juga dengan adanya Lomba BMX Freestyle Park,” ungkapnya.

Sementara Kelas Criterium, Ia menyebutkan akan  menempuh jarak sekitar 2,9 Km dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori, dan Fun Bike akan menempuh jarak sekitar 10,3 untuk Star Jalan Siliwangi dengan finish di Pos Polisi Taman Kota dilakukan pada Hari Minggu Pagi.

Di Jajaran bidang kepanitian. Ia  mengatakan, semoga  tunjukan semangat kita dengan bergerak secara dinamis dan lincah untuk melakukan koordinasi sesuai tugas-fungsi yang sudah dibuatkan Surat Keputusannya. Dalam sepekan ke depan sudah ada progress.

Lebih lanjut Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.SI, mengatakan berbagai upaya sedang dilakukan oleh pihak panitia, dan saat ini sedang berproses menghubungkan dengan para sponsor. Anggaran yang disediakan dari APBD, akan disiasati dengan menggandeng beberapa sponsor.

“Insya Allah saat ini kita menjalin kerja sama dengan berbagai sponsor di Jakarta, media Radio Megaswara,  Disway Pak Dahlan Iskan, Sekaligus menggandeng Azrul Ananda selaku founder mainsepeda.com untuk ikut terlibat dalam even internasional ini, berharap  bisa memberi warna sehingga TdL ke 6 akan lebih meriah,”terangnya.  

Ditambahkan Sekda, untuk kelas tertentu akan  melibatkan para penghobi sepeda yang memiliki kekuatan finansial, merupakan cara lain untuk melakukan promosi sehingga mereka akan tertarik untuk berinvestasi di Kuningan.

“Jadi TdL ini bukan hanya sport tourism saja namun juga sebagai media promosi investasi, karena yang akan datang ini penghobi sepeda yang memiliki jaringan yang cukup mapan,” jelasnya. (IKP/DISKOMINFO)