by

Tangkap Pelaku Pembunuhan di Hotel Lotus Garden Kediri

Kediri. Satreskrim Polres Kediri Kota terpaksa melumpuhkan Refi Purnomo (24) dengan timah panas pelaku pembunuhan sadis terhadap M (17) gadis asal Bandung, Jawa Barat yang jenazahnya ditemukan di Kamar 421 Hotel Lotus Garden, Kediri, Minggu (28/2).

Pria asal Leran Kulon, Kecamatan Palang Tuban nekat membunuh karena uangnya tak cukup membayar layanan kencan.

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo mengaku, pelaku diamankan dari kamar kosnya di Desa Kwadungan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri pada Kamis sore (4/3) . Tetapi karena berusaha kabur, akhirnya lumpuhkan dengan timah panas.

“Saat kami giring untuk menunjukkan barang bukti, pelaku berusaha kabur. Akhirnya kami lakukan tindakan tegas terukur,” kata AKBP Eko Prasetyo dalam press rilis di Markas Polres Kediri Kota, pada Jumat (5/3) siang.

Dijelaskan Kapolres, kasus pembunuhan terhadap M (17) bermula dari praktek prostitusi online  korban bersama pacarnya D . Pelaku memesan layanan seksual korban melalui aplikasi MiChat.

“Harga yang disepakati Rp 700 ribu. Tetapi pelaku tidak membayar dengan nilai itu. Akhirnya terjadi percek cokan antara pelaku dan korban ,” terang AKBP Eko.

Pelaku yang sudah membawa pisau dari rumah yang disimpan di dalam tasnya, kemudian menghabisi nyawa korban. Ada tujuh kali tusukan dan dua sayatan bersarang pada tubuh wanita yang baru saja dikencani itu. Dan yang paling mematikan adalah tusukan di leher korban.

Sementara itu, usai menghabisi nyawa korban, pelaku langsung kabur dengan mengunci pintu kamar 421 dari luar. Hingga akhirnya korban ditemukan pacarnya dalam keadaan tak bernyawa pada Minggu (28/2) pukul 16.15.

“Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan ancaman hukuman mati dan pidana penjara paling ringan 20 tahun,” terang Kapolres Kediri Kota i AKBP Eko Prasetyo.

Seperti diketahui terungkapnya kasus pembunuhan sadis yang berlatar belakang prostitusi online ini, setelah polisi melaukan oleh TKP di kamar 421 Hotel Lotus Garden di Jl Jaksa Agung Suprapto Mojoroto Kota Kediri.

Sat Reskrim Polres Kediri Kota berhasil mengidentifikasi ciri-ciri pelaku pembunuhan terhadap M . Keberhasilannya tersebut berkat dari penelitian terhadap hasil rekaman kamera CCTV. Pihaknya, mencurigai seorang pria yang masuk dan keluar kamar korban dengan memakai helm dan masker.

Terduga pelaku memiliki ciri-ciri tinggi badan diatas 165 centimeter (cm). Pelaku masuk ke kamar korban sesaat setelah pacarnya D yang juga ditetapkan sebagai tersangka keluar kamar, sekitar pukul 16.00 WIB.

Diduga, usai menghabisi nyawa korban, pelaku langsung keluar kamar. Selain mengunci pintu dari luar, pelaku juga membawa kabur kunci pintu tersebut.

Hingga akhirnya pada Kamis sore (4/3) dilakukan penangkapan terhadap tersangka di tempat kosnya di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri .

Saat penangkapan terjadi ada dua orang yang digelandang polisi. Selain Refi Purnomo, juga istrinya.

“Istri Refi Purnomo hanya berstatus sebagai seorang saksi,” ungkap Kasatreskrim Polres  Kediri Kota  AKP Verawati Taib saat rilis kasus di Mapolres Kediri Kota , Jumat (5/3) .

Menurut Kasatreskrim Polres Kediri Kota  hasil interogasi mengungkap, istri Refi Purnomo hanya sebatas mencuci baju suaminya, usai melakukan pembunuhan.

Selain Refi, polisi juga mengamankan dua orang yang terlibat dalam kasus prostitusi online ini. Kedua mucikari yang diamankan yakni D pacar korban M  dan R warga Keduanya warga Bandung Jawa Barat . Keterlibatan keduannya  yang bertindak sebagai mucikari terancam hukuman 15 tahun penjara.

“Pelaku kita kenakan undang-undang mengenai perlindungan anak dengan ancaman hukuman mencapai 15 tahun penjara,” pungkas  AKBP Eko Prasetyo. (hmp)