by

Sungai Cikoronjo Meluap Ancam Petani Gagal Panen

-DAERAH-125 views

matamaja.comMajalengka. Intensitas curah hujan yang cukup tinggi dari hari kemarin menyebabkan air sungai Cikoronjo Meluap dan menggenangi sebagian sawah yang di lalui aliran sungai

Kepala Desa Gandu Kecamatan Dawun Kabupaten Majalengka Iwan Kurniawan S.H. yang terjun langsung ke lokasi di beberapa pesawahan yang tergenang banjir ,menjelaskan “, Pesawahan yang tergenang banjir ini akibat meluapnya sungai Cikoronjo yang mengalir ke Balida sampai ke Cisambeng.

Adapun titik jebolnya tanggul kalau di desa Gandu ini yaitu di Leuwi Bunder yang lokasinya seperti Tapal Kuda atau Melengkung (red),dengan jebol nya tanggul Cikoronjo ini sementara yang saya lihat satu atau dua hektar yang terendam banjir ini kepada para petani akan berdampak gagal panen.

Lebih jauh Kepala Desa Iwan, mengatakan , bahwa setiap musim penghujan tiap tahun pasti kami harus menghadapi banjir akibat meluapnya Sungai Cikoronjo ,padahal kami dari Pemerintahan Desa sudah berupaya melayangkan Surat ke institusi terkait dalam hal ini BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan terakhir tahun 2020 kami berharap agar pihak pemerintah segera memberikan solusi dan cepat menangani permasalahan banjir ini .”pungkasnya. (Tim)