by

Sinergitas Muspika, Pemdes serta Dinas terkait, mutlak jadi kunci dalam menghadapi sebuah bencana

-Daerah-36 views

matamaja.comMajalengka. Majalengka pada hari kemarin, Minggu 07/02/2021 sebagian wilayahnya terkena dampak banjir termasuk menimpa pula daerah kecamatan Dawuan.

Saat ditemui di ruang kerjanya camat Dawuan Saleh S.Sos mengatakan setidaknya ada beberapa desa diantaranya yang terdampak banjir seperti desa Gandu, Sinarjati, Mandapa, Baturuyuk serta Genteng yang biasanya tidak terjadi banjir, kemarin menjadi salah satu desa yang terkena banjir. Rata-rata banjir terjadi dikarenakan arus sungai yang meluap dan tanggul yang tidak bisa lagi menahan arus air. Beliau menghimbau khususnya masyarakat di Kecamatan Dawuan untuk tetap tenang dan waspada menghadapi curah hujan yang tinggi seperti sekarang ini, juga tidak bosan-bosanya berpesan agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19.

Sedangkan di tempat terpisah kepala desa Gandu Iwan Kurniawan, SH. menuturkan banjir datang menerjang wilayah pemukiman dan persawahan tadi malam sekitar pukul 19:00 wib akibat luapan arus sungai Cikoronjo dan Bedeng saluran irigasi pengairan, setidaknya sekitar 2 hektar areal persawahan yang saat ini sedang menghadapi musim panen sebentar lagi, diterjang banjir,kerugian materil belum bisa ditaksir.

Saat ini Pemdes serta Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) fokus pada penanganan korban terdampak banjir. “tadi malam kita turun langsung ke lapangan” dan kita utamakan keamanan keselamatan penduduk dengan cara melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang telah disediakan seperti kantor sekretariat karang taruna yang diperuntukan untuk menampung warga yang dievakuasi.

Menurut kepala desa Gandu Iwan Kurniawan, SH. pihaknya saat ini telah menyalurkan bantuan untuk keluarga korban terdampak banjir berupa makanan seperti beras, mie instant dan air mineral juga pakaian layak pakai serta tikar untuk alas tidur.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Muspika dan Dinas terkait demi penanggulangan bencana banjir dengan tetap mengutamakan keselamatan warga karena nyawa adalah hal terpenting ucapnya.

“Semoga saja hari ini cuaca bisa lebih baik lagi dari kemarin serta curah hujan tidak setinggi hari kemarin” harapnya. (Dicky)