by

Sekjen PBB Pastikan Hadir pada KTT G20 di Bali

Matamaja.com//Sekjen PBB Antonio Guterres memastikan hadir pada KTT G20 di Bali pada 15 sampai 16 November 2022 mendatang.
Hal tersebut disampaikan Guterres saat bertemu Menlu Retno Marsudi di New York Minggu (18/9). Retno berada di Amerika Serikat (AS) untuk memimpin delegasi Indonesia pada High Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77 di New York.
Saat bertemu Guterres, presidensi Indonesia di G20 menjadi salah satu poin pembicaraan.
“Menlu RI menjelaskan mengenai persiapan KTT G20 di Bali 15-16 November 2022. Menlu RI sampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT,” sebut keterangan Kemlu dalam situs resminya, Senin (19/9).

“Menlu Retno juga sampaikan mengenai pentingnya KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia,” sambung mereka.
Guterres menambah panjang daftar hadir pemimpin dunia pada KTT G2o mendatang. Sebelum Guterres, sembilan pemimpin negara sudah memastikan diri hadir di Pulau Dewata pada akhir 2022 mendatang.

“Ini masih memang merupakan indikasi, belum merupakan list [daftar] yang final karena masih terus berlangsung. Namun, beberapa yang sudah kita dapat adalah Argentina, Australia, Brasil, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Kamboja, Singapura, Suriname, dan World Bank. Sekali lagi, konfirmasinya masih terus dilakukan,” kata Direktur Pembangunan, Ekonomi, dan Lingkungan Hidup, Hari Prabowo, saat Media Briefing di Jakarta pada Senin (12/9).
Di luar nama-nama itu, Presiden Jokowi beberapa waktu lalu turut memastikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping dipastikan hadir.

(@aher/kumparan.com)