by

Sejarah Dunia : Siapa Ratu Elizabeth I, Penguasa Kerajaan Inggris yang Sangat Ikonis?

Matamaja.com//Melanjutkan perjalanan hidup raja dan ratu penguasa lnggris Raya.

3. Virgin Queen, tidak menikah hingga akhir hayatnya

Dilansir situs resmi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth I memiliki berbagai julukan selama masa pemerintahannya. Mulai dari Gloriana, Good Queen Bess, hingga The Virgin Queen. Julukan Virgin Queen menjadi salah satu “brand” yang melekat pada Ratu Elizabeth pertama ini.
Kontras dengan pendahulunya yang ingin sekali menikah dan memiliki keturunan laki-laki, Ratu Elizabeth I justru menolak untuk menikah. Kendati pangeran, raja, dan para bangsawan telah mengulurkan tangannya, Elizabeth tetap kukuh pada pendiriannya untuk tidak menikah. Ia menegaskan bahwa ia, sebagai Ratu, telah menikah dengan kerajaannya, yaitu Kerajaan Inggris.

Namun, Ratu Elizabeth I tetap memiliki kedekatan spesial dengan sejumlah laki-laki di lingkungan Kerajaan. Salah satu yang paling terkenal adalah Robert Dudley, Earl of Leicester.
Hingga akhir hayatnya, Ratu Elizabeth pertama tidak menikah dan tidak memiliki keturunan. Sang Ratu meninggal dunia di usia 69 tahun, tepatnya pada 24 Maret 1603.
Takhta pun diwariskan kepada James I, bangsawan Inggris yang masih satu keturunan dengan Raja Henry VII, raja dari keluarga Tudor pertama dan ayah dari Raja Henry VIII.
4. Terobsesi dengan makeup dan busana yang mewah

Selain terkenal dengan pemerintahan yang berjaya, Ratu Elizabeth I juga dikenal dengan fashion sense-nya. Dilansir situs resmi Royal Museum Greenwich, sang Ratu memiliki gaun-gaun yang luar biasa mewah dengan korset ketat, sleeve yang besar dan puffy, hingga ruffle atau rumbai yang meriah.

Sang Ratu juga memiliki kecintaan terhadap makeup yang menonjolkan kulit putihnya. Namun, di balik foundation putih yang ia gunakan, tersimpan rahasia toksik. Makeup Ratu Elizabeth I mengandung lead atau timah yang sangat beracun untuk kulit.
Obsesi Ratu Elizabeth I terhadap foundation tersebut—dinamakan ceruse—sebenarnya dimulai sejak dirinya mengidap penyakit smallpox atau cacar. Cacar tersebut meninggalkan banyak bekas di wajahnya, sehingga Elizabeth menutupinya dengan foundation putih tersebut. Namun, tanpa disadari, kandungan timah dalam ceruse justru memperburuk kondisi kulit sang Ratu.
5. Membawa Inggris ke masa kejayaan dan perkembangan, termasuk kejayaan William Shakespeare.

Ratu Elizabeth pertama ini berhasil membawa Inggris menuju kejayaan. Dikutip dari situs resmi Kerajaan Inggris, di bawah kekuasaan Elizabeth, Inggris berhasil melakukan ekspedisi ke belahan benua lain, salah satunya benua Amerika.

Ekspedisi ini mempersiapkan Inggris menuju masa kolonisasi dan perluasan perdagangan. Pada akhir 1599, Ratu Elizabeth I mendirikan East India Company, perusahaan yang dibentuk untuk memonopoli perdagangan di India, Asia Timur, dan Asia Tenggara.
Di bawah kepemimpinan Ratu Elizabeth pertama, Inggris berhasil mengalahkan armada Spanyol yang hendak menginvasi tanah Inggris pada 1588. Padahal, saat itu armada Kerajaan Spanyol merupakan salah satu yang terkuat di Eropa. Ini berhasil memperkuat posisi Ratu Elizabeth I di Inggris, ketika orang-orang masih mempertanyakan kompetensi seorang perempuan sebagai penguasa.
Seni dan sastra pun berjaya di bawah pemerintahan Ratu Elizabeth I. Teater-teater dibangun, sastrawan dan dramawan menorehkan karyanya yang melegenda hingga saat ini.
William Shakespeare adalah salah satu dramawan tersohor di masanya. Ratu Elizabeth pertama pun menghadiri pertunjukan pertama dari drama legendaris Shakespeare, A Midsummer Night’s Dream. Komposer-komposer terkenal seperti William Byrd dan Thomas Tallis juga berkarya menciptakan musiknya di bawah kejayaan kekuasaan Elizabeth.

Nah, Ladies, itulah profil dan kisah perjalanan hidup dari Ratu Elizabeth I. Menarik, ya?

(@aher)
Sumber : kumparannews.com