by

Pusat Pembenihan Ikan di Setiap Desa

-DAERAH-6 views

matamaja.com – Sumedang.DISKANAK – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang menargetkan kedepannya tiap desa ada pusat pembenihan ikan.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Rudi Hadian hal ini penting dilakukan guna memenuhi kebuuhan benih ikan yang selama ini memang dirasakan kurang.

“Untuk saat ini kita tidak bisa hanya mengandalkan benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) yang memang produksinya terbatas, sementara kebutuhan benih ikan masyarakat semakin meningkat,” jelas Rudi, Senin (26/9/2022).

Menurut Rudi, peran aktif dari masyarakat tetutama petani ikan dalam upaya mendukung program ini memang sangat dibutuhkan. Secara tofografi, daerah pedesaan di Kabupaten Sumefang lingkungannya memang sangat memungkinkan untuk dilakukan pembenehan ikan. Upaya inipun lanjut dia dilakukan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan ikan.

“Melalui ewat program ini bukan tidak mungkin akan ikut menaikan tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumedang yang saat ini memang masih rendah,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Rudi dalam upaya membangun pusat pembenihan ikan di tiap desa pihak Diskanak Sumedang siap untuk membantu pengadaan calon induknya. 

“Yang penting saat ini ada kemauan dulu dari masyarakat dan kami siap membantunya,” tambah Rudi (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)