by

Program Pertanian Kabupaten Majalengka Terhambat Pandemi

-Daerah-173 views

matamaja.comMajalengka. Dinas Pertanian Majalengka melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Ir. Ani Herawati Yulia, M.P. yang ditemui matamaja.com mengatakan untuk saat ini semua program pertanian belum bisa diluncurkan. Program pertanian tahun ini baru dalam proses CPCL, yang menjadi salah satu faktor penyebabnya adalah dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19, “tapi Insya Allah tidak lama lagi semua program akan segera diluncurkan” ungkapnya

Ibu Kabid juga mengatakan akibat kejadian banjir yg terjadi di wilayah utara Majalengka kemarin ini, lahan sawah seluas 153 Ha mengalami puso (gagal panen). Namun demikian pihak Dinas Pertanian melalui Bidang Tanaman Pangan telah memberikan bantuan benih kepada petani yg terkena puso tersebut.

Berkaca dari kejadian banjir kemarin menurut Ibu Kabid padahal pihak nya sudah meluncurkan program pertanian yg bernama Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yg bertujuan memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen yg diakibatkan oleh banjir, kekeringan, penyakit dan serangan organisme. Cara untuk ikut program AUTP tersebut petani cukup daftar asuransi Jasindo. Premi nya 30rb dimana nanti bila petani terjadi gagal panen yg diakibatkan banjir seperti kemarin petani akan mendapat ganti rugi dari asuransi sebesar 6 juta rupiah per hektar sawah. (Yudistira)