by

Prajurit Turangga Caqti Laksanakan Latihan Orientir Peta

matamaja – Jakarta. Dalam mempersiapkan rencana Latihan Satuan bantuan administrasi (Satbanmin) pasukan pendarat tahun 2021, prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) melaksanakan latihan orientir peta di Lapangan Trisula Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/03/2021).

Dibawah pimpinan Letda Mar Angga Yudha Prasetiya dengan Instruktur Peltu Mar Tabrani latihan ini dilaksanakan prajurit Yonbekpal 1 mar dengan penuh semangat. Orientir peta adalah petunjuk arah pada peta yang menunjukkan arah utara dengan posisi mengarah ke atas. Orietir peta merupakan unsur penting dalam pembuatan peta karena dapat menentukan arah penjuru mata angin dan untuk menyamakan kedudukan kita pada peta dengan medan sebenarnya (menyamakan utara peta dengan utara kompas) dan juga mengetahui posisi kita berada dimana untuk meyakinkan bahwa perkiraan posisi kita di peta adalah benar.

Dengan pemberian pelajaran kelas ini diharapkan prajurit Yonbekpal 1 Mar yang terlibat dalam latihan dapat mengerti dan memahami materi serta dapat mengaplikasikan semua problem di lapangan dengan baik.

Dengan adanya latihan ini Danyon Bekpal 1 Mar Letkol Mar Budi Cahyono, M.Tr.Opsla., berpesan untuk melaksanakan latihan kering ini dengan serius dan bersungguh-sungguh sehingga ketika pelaksanaan latihan nanti dapay berjalan dengan baik sehingga tidak mengalami kendala yang berarti.