by

Polri Siap Antisipasi Jaringan Terorisme yang Menyasar Generasi Milenial

-TNI P0LRI-144 views

matamaja.com – Pasca munculnya serangan aksi terorisme yang dilakukan pelaku berusia muda, Polri mulai lebih hati-hati dan mengantisipasi jaringan terorisme yang menyasar generasi milenial.

“Ini jelas sekali ya, kita mulai lakukan antisipasi karena kelompok teror yang ada sekarang pelakunya anak muda dan menyerang anak muda juga,” ungkap Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono melalui webinar bertema Bom di Makassar dan penembakan di Mabes Polri Perspektif, Toleransi dan Demokrasi, Minggu (4/4/2021).

Rusdi menuturkan sasaran terorisme untuk menarik anak muda terbilang mengikuti zaman, yakni dengan memanfaatkan sosial media dan internet.

Sebagaimana dengan hasil analisis dari pelaku penyerangan di Mabes Polri, yakni saudari ZA, yang mana sempat mempublikasikan bendera ISIS dan beberapa kalimat perjuangan dalam laman media sosial pribadinya.

“Tentunya, saat kita bicara mengenai ZA ya, di dalamnya itu dimungkinkan sekali pemahaman yang didapatkan ZA bersumber dari internet,” sambungnya.

“Artinya, paham-paham seperti itu begitu cepat dan begitu banyak datanya. Inilah yang menjadi PR bagi kita semua masyarakat Indonesia bagaimana memilah dan memilih konten yang benar dan menyesatkan,” lanjutnya.

Di kesempatan tersebut, Rusdi menegaskan penanggulangan terorisme bukan hanya menjadi tanggung jawab dari aparat kepolisian, tapi juga membutuhkan dukungan masyarakat dan kelompok moderat.

Maka dengan begitu, kelompok ideologi tarikan (terorisme) tidak akan mudah masuk dan melakukan aksinya di Indonesia.

“Ini perlu ditegaskan sekali lagi, karena permasalahan terorisme bukan masalah yang ringan namun justru masalah yang kompleks dan membutuhkan dukungan semua pihak,” pungkasnya.(pmjnews)