by

Polda Metro Bongkar Penipuan Rekrutmen Perusahaan BUMN

matamaja – Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus penipuan rekruitmen calon karyawan yang beredar luas melalui media sosial. Penangkapan tersangka diawali dengan adanya laporan dari salah satu bank di Indonesia.

“Kejadiannya 1 Februari lalu dan satu orang berhasil diamankan dengan inisial MTN di salah satu desa di Sulawesi Selatan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (25/3/2021).

“Ini berdasarkan laporan langsung dari gedung BNI sendiri, dimana tersangka menawarkan atau membuka recruitment pekerja baru melalui email palsu bernama recruitment.bni@gmail.com dan website palsu,” sambungnya.

Yusri menjelaskan, dalam melakukan aksi penipuan berkedok recruitment calon pekerja baru, tersangka menyiapkan berbagai persyaratan termasuk dengan uang transportasi

“Dia buat persyaratan, jika ada yang mau mendaftar baru diberitahukan persyaratannya dan ujungnya dia juga meminta uang transportasi yang harus disiapkan jika ingin diterima kerja di bank BNI ini,” terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut bukan hanya bank BNI yang menjadi objek penyamaran pelaku dalam melakukan penipuan rekrutmen tersebut. Melainkan, juga menjadikan beberapa perusahaan BUMN sebagai objek penipuan.

“Setelah didalami, bukan hanya BNI saja yang dia pilih atau gunakan untuk menipu calon karyawan. Tapi, juga ada beberapa perusahaan lain termasuk BUMN yang dipilih, misalnya PT Pertamina, PT WIKA, PT Angkasa Pura, PT Chevron dan lain sebagainya,” jelas Yusri.

Terakhir, Yusri menegaskan dengan adanya penipuan ini, pihak BNI melalui Polda Metro Jaya menyampaikan agar para pencari kerja tidak terburu-buru dan mengecek terlebih dahulu lowongan pekerjaan melalui website dan email resmi milik PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero.

“Jadi, untuk PT BNI sudah sampaikan akun resminya yang biasa digunakan untuk menginformasikan lowongan pekerjaan itu websitenya www.bni.co.id dan email resminya recruitment@bni.co.id,” tutupnya. (PMJ)