by

PMI DKI Laporkan Akun Medsos Genocideanon3 Terkait Hoaks Megawati Wafat

-Hukum-2 views

matamaja – jakarta. Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melaporkan pemilik akun Instagram @__genocide.anon3 ke Polda Metro Jaya pada Selasa (14/9/2021).

Akun tersebut dilaporkan terkait dengan unggahan dalam reels Instagram yang menggambarkan sebuah poster duka cita terhadap Megawati Soekarnoputri yang mencatut nama PMI DKI Jakarta.

“Karena ada flyer yang melibatkan gambar seorang tokoh nasional ibu Megawati Soekarnoputri dalam bentuk berita duka cita, jadi laporan ini merupakan desakan dari PMI DKI Jakarta baik pengurus, staf dan relawan yang tidak berkenan dengan pencatutan nama PMI DKI Jakarta melalui akun @__genocide.anon3,” kata Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta, Arya Sandhi Yudha di Gedung Krimum Polda Metro Jaya, Selasa (14/9/2021).

Arya menjelaskan, ia telah membawa sejumlah barang bukti terkait dengan pelaporannya tersebut berupa poster cetak yang tayang di reels akun Instagram dan nama akun penyebar hoax tersebut.

“Terlapor dijerat dengan UU ITE, Pasal 27 ayat 3, Pasal 28 ayat 2,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arya juga menegaskan PMI DKI Jakarta telah memberikan klarifikasi terkait penyebaran berita hoax ucapan duka cita terhadap Megawati Soekarnoputri.

“Sudah ada klarifikasi dari PMI,” jelasnya.

Barang bukti berupa hoaks flyer yang mencatut nama Palang Merah Indonesia. (Foto: PMJ News/Yeni)

Barang bukti berupa hoaks flyer yang mencatut nama Palang Merah Indonesia. (Foto: PMJ News/Yeni)

“Pertama, tidak adapun pengurus atau staf dan relawan yang terlibat dalam penyebaran hoax flyer bergambar Megawati ini. Kedua, sangat disayangkan karena nama PMI DKI Jakarta dicatut dan ini sangat menggangu konsentrasi kami dalam bekerja melakukan tindakan kemanusiaan, ini tentunya merugikan banyak pihak,” tukas Arya.

Sebelumnya, akun Instagram @__genocide.anon3 melalui reels mengunggah satu foto duka cita yang menampilkan wajah Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Dalam foto tersebut tertulis ucapan duka cita berupa dari PMI DKI Jakarta yang berbunyi ‘Segenap Keluarga Besar PMI Provinsi DKI Jakarta mengucapkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya (foto mirip Megawati Soekarnoputri). Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan Husnul Khatimah. Aamiin ya Rabbal Alamin, (PMJ)

Topik Hangat