by

Persib raih tiga poin usai taklukkan Barito Putera 5-2

matamaja.com – Bandung – Persib Bandung meraih tiga poin setelah menaklukkan Barito Putera dengan skor akhir 5-2 pada laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Persib mencetak lima gol melalui David Da Silva di menit ke-5, Ciro Alves menit ke-32 dan 44, Nick Kuipers saat tambahan waktu babak pertama, dan Henhen Herdiana di menit ke-68. Sedangkan dua gol Barito Putera dicetak Buyung Ismu pada menit ke-56 dan Kahar Kalu Muzakkar di menit ke-60.

Meski menang, Persib tetap berada pada peringkat ke-8 klasemen sementara liga. Begitu pula Barito Putera yang masih berada pada peringkat ke-17 klasemen sementara liga setelah kalah di kandang Persib.

Memulai laga, Persib langsung mengejutkan tim tamu pada menit ke-5. David Da Silva berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari Henhen Herdiana di area kanan lapangan.

Saat itu Henhen yang lolos dari pengawalan bek kiri Barito putera, menyodorkan bola ke kotak penalti. Kemudian bola itu tak mampu dihalau kiper maupun bek Barito, hingga Da Silva tak kesulitan untuk menjebol gawang Barito. Persib membuka keunggulan dengan skor 1-0.

Setelah dalam posisi unggul, Persib menjaga tempo permainan dan tak terburu-buru melakukan serangan. Namun skema tersebut justru nyaris membuat Barito menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-22, Ferdiansyah lolos dari pengawalan Dausuke Sato dan Nick Kuipers di jantung pertahanan Persib. Hingga akhirnya Ferdiansyah berhadapan satu lawan satu dengan Kiper Reky Rahayu.

Tetapi momen tersebut belum berbuah gol bagi tim tamu, karena eksekusi akhir dari Ferdiansyah masih belum menemui gawang Persib karena bola melenceng ke kanan gawang.

Usai mengalami kesalahan itu, tim tuan rumah memperkuat penguasaan bola. Hingga pada menit ke-31, Ciro Alves mencetak gol dan membuat Persib menambah keunggulan atas Barito Putera.

Kini Rahmat Irianto yang berperan sebagai assist setelah menekan dari area sayap kanan. Ketika memasuki kotak penalti, Iranto kemudian menyodorkan bola ke hadapan gawang Adhitya Harlan dan bola itu disambar oleh Ciro hingga menjebol gawang Barito. Persib unggul 2-0 atas Barito.

Tak usai hanya di situ, Ciro Alves kembali menambah keunggulan bagi Persib Bandung. Pada menit ke-44, Ciro menerima bola dari Marc Klok kemudian mengeksekusi bola ke kanan gawang Adhitya hingga membuat Persib unggul 3-0.

Menjelang babak pertama berakhir, Persib mencetak gol lagi lewat sundulan Nick Kuipers yang bermula dari tendangan sepak pojok Marc Klok. Gol bek berkebangsaan Belanda itu membuat Persib di atas angin dengan skor 4-0 pada 45 menit pertama.