by

Pengguna TV Digital di Jabar Baru 25 Persen

Matamaja.com//Cirebon – Terkait dengan program migrasi siaran televisi analog ke tv digital dan penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off /ASO), Kementerian Komunikasi dan Informasi terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Upaya sosialisasi migrasi siaran televisi analog ke digital ini salah satunya dilakukan di Kota Cirebon.

Di Kota Cirebon Jawa Barat Kementerian Komunikasi dam Informasi melakukan sosialisasi di Alun-alun Kasepuhan dengan dimeriahkan senam zumba bersama ratusan masyarakat.
Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa barat M. Sudama Dipawikarta sebagai nara sumber dalam program sosialisasi ini mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu bersama Kampus Unpad, Pengguna TV Digital di Jawa Barat baru mencapai 25 persen.

Namun, lanjut Sudama, bukan berarti 75 persen pengguna TV Analog, karena yang analog berdasarkan hasil riset 35 persen dan sisanya pengguna TV kabel berlangganan dan streaming.
“Kalau melihat angka ini, sudah banyak yang siap menggunakan TV Digital. Walaupun sekarang baru 25 persen, tetapi yang sudah terbiasa dengan TV Kabel dan streaming sudah hampir 70 persen kalau dijumlahkan,” katanya, Minggu (30/10/2022).

Ia juga menambahkan, pemberlakukan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog sementara hanya berlaku untuk wilayah Jabodetabek.
“Penghentian siaran televisi (TV) analog ini mulai diberlakukan tanggal 2 November 2022. Kalau untuk wilayah Jawa Baratnya baru wilayah Bodebek. Sedangkan kota lainnya di Jawa Barat salah satunya Cirebon belum diberlakukan termasuk wilayah di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Sumber : Cirebontoday.com / kumparan.com