by

Pembinaan Satlinmas dalam menghadapi bencana

-Daerah-41 views

matamaja.com – Majalengka. Bertempat di kantor balai desa Gandu kecamatan Dawuan kabupaten Majalengka, Senin 08/02/2021 dilaksanakan kegiatan seminar “PEMBINAAN SATLINMAS DESA GANDU”.

Acara yang digelar pemerintah desa Gandu yang dipimpin kepala Desanya Iwan Kurniawan, SH. diikuti oleh Rt/Rw, hansip dan masyarakat. Merujuk berdasarkan Permendagri nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) dipersiapkan serta dibekali ilmu pengetahuan keterampilan dalam penanganan bencana untuk memperkecil/mengurangi dampak bencana, serta ikut dalam menciptakan ketertiban, ketentraman, keamanan masyarakat (Kamtibmas) juga ikut serta dalam kegiatan sosial masyarakat.

Dalam kesempatan itu camat Dawuan Saleh S.Sos yang diwakili kasie PMD. Arif Nurhadi M, SIP. bertindak selaku narasumber, menekankan hansip, RT/RW sebagai lembaga kemasyarakatan desa (LKD) untuk lebih memaksimalkan sesuai tupoksinya, serta menguatkan perannya bersama satlinmas untuk penanggulangan bencana banjir seperti sekarang ini.

“Selain itu diharapkan peran LKD melalui satlinmas bisa membantu dalam menciptakan ketertiban, ketentraman serta keamanan masyarakat (Kamtibmas)”, ungkapnya.(Dicky