by

Monitoring dan Evaluasi KKN Mahasiswa UPI Sumedang di Desa Pasirwaru,Kecamatan Limbangan.

-DAERAH-63 views

Garut-matamaja.com. Salah satu tugas utama perguruan tinggi sebagaimana terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini menjadi sangat penting dalam rangka memperteguh relevansi keilmuan yang dikaji dengan realitas sosial. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir yang telah memenuhi persyaratan akademik. Melalui KKN mahasiswa UPI Sumedang diharapkan misi pengabdian masyarakat dapat berjalan secara maksimal.Selasa 26 Juli 2022.

Yon Nugraha M.AG.kepala desa Pasirwaru dalam sambutannya; mengungkapkan bila monitoring dan evaluasi (monev) ini bukan bermaksud untuk menghakimi atau mencari kesalahan mahasiwa KKN, akan tetapi lebih kepada pengontrolan dan pencarian informasi tentang sejauh mana perkembangan mahasiswa menjalankan program kerja. Dan bila menemukan permasalahan di lapangan, nanti dipecahkan bersama-sama oleh mahasiswa KKN,ujar Kades Yon,Selasa 26 Juli.

“Kades Yon Nugraha.”Menambahkan dengan adanya monev ini, Ia berharap para mahasiswa akan menjadi lebih bersemangat dan sungguh-sungguh dalam merealisasikan program- program yang dicanangkan.
Kami berharap mahasiswa tetap menjaga nama baik almamater dan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru ikut mempublikasikan keunggulan dan program serta keberadaan kampus di tengah masyarakat. Mahasiswa dan DOK bersama membahas program kerja yang akan dikerjakan di Desa Pasirwaru, pertemuan tersebut dilaksanakan di Gedung Olah Raga ( GOR ) Desa Pasirwaru, kecamatan Libangan, kabupaten Garut.
Dalam pertemuan tersebut berharap agar “mahasiswa selalu menjaga akhlakul karimah dan sopan santun terhadap masyarakat di tempat KKN, agar tetap terjalin silaturahmi di lingkungan masyarakat.tutur Kades Yon Nugraha.

“Alif Fathul Firdaus”Ketua Kelompok KKN UPI Sumedang,menuturkan;
Alhamdulillah kemarin dalam acara pertandingan bola volly antar RW Sedesa Pasirwaru berjalan lancar tidak ada hambatan, adapun hambatan kecil bisa dikoordinasikan dengan musyawarah.
Saran untuk kedepannya mungkin koordinasi dan birokrasinya lebih terencana lagi agar hambatan” kecil bisa dihilangkan dan mendekati sempurna.tuturnya.

Kami KKN UPI Sumedang hadir disini membawa 2 tema,yang pertama “desa tanpa kemiskinan” yang kedua “desa dengan kesejahteraan dan kesehatan”
Mungkin proker desa tanpa kemiskinan ini, dengan mendata masyarakat desa pasirwaru yang kurang memiliki akses untuk terus berkemajuan teknologi, terus nanti dibantu dalam segi pendidikan dalam meningkatkan SDM baik dalam segi pengetahuan atau ekonominya.
Dari missi desa kesejahteraan dan kesehatan kami sedang berkoordinasi dengan posyandu” setiap RW kami untuk membantunya,akan ada sosial distancing tentang makanan bergizi.
Selasa 26 Juli.

Untuk KKN itu waktunya sebulan (30 hari) dari mulai tanggal 10 juli s/d tanggal 10 agustus.

“Alif Fathul Firdaus”menuturkan pula ;
Alhamdulillah kehadiran kami KKN di desa pasirwangi disambut dengan hangat dan harmonis, diterima sangat baik sekali oleh masyarakat Desa Pasirwaru dan diberi pula akses agar tidak sulit kesana kemari,dengan di beri dukungan oleh Pemerintah Desa.
Kami harakpan dari koordinasi ketika acara Evaluasi tadi dari yang disebut kan masyarakat desa pasirwaru ketika melaksanakan acara seperti ini koordinasi organisasinya itu belum terbentuk sempurna, jadi pengetahuan tentang organisasinya saja, mungkin kurang tidak terencana dengan matang, ketika turun ke lapang cuma dengan waktu beberapa hari,seharusnya persiapan lapangan direncanakan jauh- jauh hari tidak mepet seperti ini,ujar Alif Fathul.Selasa 26 Juli.

Kesan dan pesannya Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah desa pasirwaru juga seluruh warga masyarakat desa Pasirwaru, yang telah antusiasnya dan harmonis menyambut kedatangan kami KKN UPI sumedang, semoga pasirwaru bertambah maju tambah sukses dan mendapatkan jati diri Seutuhnya, aammiiin.(A.Rohman