by

Menko Luhut: Pemerintah Pertimbangkan Buka Pintu Bagi Wisman ke Indonesia

matamaja.com – jakarta.Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah tengah mempertimbangkan untuk mulai membuka pintu wisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, khususnya Bali.

Luhut mengatakan, pertimbangan untuk membuka kembali pariwisata lantaran program vaksinasi saat ini tengah dilakukan pemerintah, termasuk untuk wilayah Bali.

“Kapan kita mau buka dengan asing, pembicaraan itu masih jalan juga. Kami juga melihat mana yang boleh datang ke mari yang Covid-nya sudah mulai turun dan vaksin juga makin banyak. Sekarang masih dibicarakan mengenai itu,” ungkap Luhut, Jumat (26/3/2021).

Menurut Luhut, pemerintah sendiri tengah mengevaluasi kebijakan larangan masuk bagi wisman ke Indonesia melalui rapat pada Sabtu (27/3/2021). Dia menuturkan kebijakan untuk membuka pariwisata juga menggunakan parameter tertentu dan sifatnya resiprokal.

Ia menambahkan, pembukaan pariwisata pun tidak akan dilakukan secara nasional. Pembukaan akan dilakukan per titik, misalnya hanya di Bali saja.

“Jadi mesti kita buat parameter yang sama, di Indonesia atau Bali ini dengan nanti negara asing yang mau masuk ke kita. Jadi kalau misalnya Korea, Qatar, itu sama parameternya dan kami setuju, ya kami bikin travel bubble di situ,” tukasnya.(pmjnews)