by

Menata dan Merintis Wajah Desa Menuju Desa Wisata

MAJALENGKAmatamaja.com . Pasangrahan, mungkin nama itu tidak asing lagi bagi orang yang berdomisili di Kecamatan Kadipaten atau mungkin di luar itu.

Pasangrahan sendiri berada di Desa Babakan Anyar yang merupakan salah satu dari tujuh Desa yang berada di wilayah Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Salah satu upaya pemerintah Desa dalam memajukan wilayah nya adalah dengan cara membangun dan mengelola sektor pariwisata.

“, Pasangrahan atau dalam bahasa Indonesianya tempat persinggahan ini adalah kawasan yang mempunyai nilai historis dari jaman dulu hingga jaman perjuangan, kawasan yang berbatasan dengan kampung dengan berbeda kabupaten dan di belah dengan Aliran Sungai Cimanuk ini mempunyai potensi untuk di kembangkan menjadi kawasan wisata.

Apalagi dengan di bangun nya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Babakan Anyar dan Desa Palabuan yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang , sekaligus membuka akses baik transfortasi ataupun ekonomi”. ungkap Kepala Desa Babakan Anyar Budi Wahyu Darmadi.

Kepala Desa Budi lebih jauh menuturkan”, Dengan di resmikan nya pengoperasian jembatan gantung oleh Bapak Pangdam III Siliwangi 11/3/2021, ini bisa menjadi tonggak sejarah bagi kami ,untuk mengembangkan kembali Pasangrahan yang pada jaman dulu terkenal sebagai pusat niaga yang kini menurut Budhi menjadi Lost City /Kota mati di kembalikan kepada jaman ke emasan tempo dulu, dengan menggali potensi wisata untuk dikembangkan bersama sama dengan masyarakat di kemudian hari “.pungkasnya. (RED)