by

Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Ulasannya

Matamaja.com//Tips Kesehatan – Makan dulu atau olahraga dulu? Ini adalah pertanyaan yang sedang menjadi pembahasan hangat beberapa hari ini. Sebenarnya, kedua hal tersebut memiliki manfaat tersendiri jika dilakukan dengan kuantitas yang tepat, berikut ulasannya.

Dikutip dari laman HelloSehat, Belgia sudah melakukan riset tentang hal ini, atau lebih tepatnya meneliti bagaimana perubahan berat badan seseorang yang makan sebelum dan setelah olahraga.
Penelitian ini terdiri dari 27 pria muda yang diberikan makanan tinggi kalori dan tinggi lemak selama 6 minggu berturut-turut. Kemudian 27 pria ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok yang tidak melakukan olahraga, kelompok yang makan makanan tinggi karbohidrat sebelum olahraga, dan kelompok yang makan setelah olahraga.
Dalam riset tersebut, terbukti bahwa kelompok yang makan setelah olahraga memiliki peningkatan berat badan paling rendah, atau bahkan ada yang tidak mengalami peningkatan sama sekali.
Sedangkan di sisi lain, kelompok yang makan sebelum olahraga berpengaruh terhadap perubahan berat badan. Sebab makan terlalu banyak sebelum olahraga dapat mengganggu sistem pencernaan, walaupun memang memberikan energi lebih pada tubuh.

Lantas, bagaimana cara makan yang tepat baik sebelum maupun setelah olahraga? Berikut jawabannya.

Makanan yang Tepat Sebelum dan Sesudah Olahraga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makan sebelum dan sesudah olahraga memiliki manfaat sendiri jika dilakukan dengan kuantitas yang tepat. Maka dari itu, berikut makanan yang tepat baik sebelum dan sesudah olahraga:

Sebelum Olahraga

Meskipun makan setelah olahraga dapat menyeimbangkan berat badan, namun berolahraga dengan perut kosong juga dapat berbahaya bagi tubuh, yakni kekurangan energi saat berolahraga. Dengan begitu, tubuh Anda tidak mampu melakukan olahraga dengan baik maupun tidak dapat membakar kalori secara maksimal.
Untuk lebih mudah dimengerti, tubuh manusia memerlukan waktu untuk dapat mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi yang dimanfaatkan untuk beraktivitas. Nah, proses pencernaan ini juga bergantung pada jumlah dan jenis makanan, seperti lemak, protein, dan serat.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak (roti gandum dengan telur/sereal dengan susu) sekitar 3-4 jam sebelum olahraga. Jika Anda melakukan aktivitas di pagi hari, Anda disarankan mengonsumsi makanan ringan (jus buah/sereal) 1-2 jam sebelum olahraga.

Setelah Olahraga

Agar Anda bisa memaksimalkan olahraga dan berat badan, Anda disarankan untuk makan 15-30 setelah berolahraga. Anda bisa mengonsumsi makanan sumber karbohidrat dan sumber protein untuk membantu membangun massa otot.
Jika Anda ingin mengonsumsi sesuatu setelah olahraga, Anda bisa meminum segelas coklat rendah lemak. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda sudah siap atau bisa melakukan aktivitas maupun kegiatan setelah berolahraga.
Demikianlah informasi seputar makan dulu atau olahraga dulu. Dapat disimpulkan bahwa hal terpenting dalam makan sebelum dan sesudah olahraga adalah jumlah, waktu, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

(@aher/kumparan.com)