by

Majalengka Kreatif, Kang Dadan Ciptakan Kompor Berbahan Bakar Air dan Oli Bekas

-DAERAH-136 views

matamaja.comMajalengka.  Dadan Muzaeni (40tahun) warga Desa Burujul Kulon Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka kembali berkreasi memanfaatkan limbah dan barang bekas. Kali ini Kang Dadan, sapaan Dadan Muzaeni membuat kompor dengan bahan bakar campuran air dan oli.

Kang Dadan menuturkan idenya ini didasari oleh kelangkaan gas subsidi 3 kg yang masih sering terjadi, dia melihat oli bekas yang banyak tersedia di bengkel-bengkel motor di sekitar kediamannya kurang termanfaatkan dengan baik. Dia berfikir bahwa bahan dasar oli dari minyak bumi yang sama dengan bahan bakar pada umumnya, pasti bisa terbakar dengan proses pemanasan tertentu.

Dengan peralatan ala kadarnya, Kang Dadan mulai melakukan eksperimen. Dalam waktu tek begitu lama akhirnya prototipe kompor tersebut akhirnya terwujud dan sukses

Ketika ditanya matamaja.com apakah masih banyak ide kreatif yang mau beliau wujudkan, “masih banyak ide dalam pemikiran saya yang ingin diwujudkan untuk pemanfaatan limbah. Tapi kendala biaya dan peralatanan yang kurang memadai membuat ide tersebut susah diwujudkan” ungkapnya

Kang dadan berharap ada pihak yang mau membantunya, baik pemerintah maupun swasta. “saya ingin berbuat sesuatu yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, apalagi itu dari limbah yang merusak lingkungan. Kalau sampai berhasil saya ingin membuat Majalengka bangga dengan kreasi saya, karena sayapun bangga menjadi warga Majalengka ” pungkasnya. (dicky)