by

Longsor, Jalur Wisata Panyaweuyan Bukit Mercuri Di Tutup Sementara.

-Daerah, Wisata-174 views

matamaja – Majalengka. Jalur Wisata Panyaweyan Bukit Mercuri ditutup sementara dikarenakan jalan terputus akibat hujan deras yang mengguyur jalan tersebut hingga mengakibatkan terjadinya Longsor yang menutupi Akses jalan menuju puncak wisata Panyaweyan Bukit Mercuri padahari Kamis 25 Maret 2021.

Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka,ada tiga titik lokasi yang terjadi longsor di kecamatan tersebut. Data yang diperoleh dari BPBD Kabupaten Majalengka, tiga titik longsor di Kecamatan Argapura terjadi di Desa Sukasari Kaler, Tejamulya dan Argalingga. Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka Reza Permana mengatakan longsor yang terjadi pada Rabu pagi itu diakibatkan oleh hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur Kecamatan Argapura sejak Rabu dinihari.

“Penyebabnya hujan dengan intensitas sedang tadi malam. Itu membuat sejumlah tebing di tiga desa yaitu Sukasari Kaler, Tejamulya dan Argalingga longsor,” kata Reza dalam keterangan yang diterima.

Akibat longsor itu, akses jalan menuju lokasi Wisata Panyaweuyan Bukit MERKURI di Desa Sukasari Kaler terputus. Selain itu longsor di Desa Tejamulya juga menimbun pagar dan halaman rumah warga.

“Dampak longsor di Sukasari Kaler akses jalan menuju Wisata Panyaweuyan terputus karena tertutup material longsoran berupa bebatuan besar dan tanah,” saat Awak Media memantau kejadian tersebut.

Sementara di Desa Argalingga, menurut warga setempat, longsor mengakibatkan jalan penghubung dua desa juga terputus. “Longsoran tebing menutup badan jalan, akses jalan Desa Argalingga dan Argamukti terputus,” menurut keterangan warga masyarakat setempat.

Saat ini beberapa warga masyarakat setempat Kabupaten Majalengka sedang berupaya untuk membersihkan material longsoran. Sedangkan kondisi cuaca di lokasi dilaporkan mendung.

“Upaya penanganan kita akan segera membersihkan material longsoran dengan berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat dan Pemkab Majalengka.(*D Rusdi)