by

Longsor di Cinanggulang Sumedang, Lima Rumah Rusak Berat

-DAERAH-59 views

matamaja – Sumedang .Warga Kampung Cinanggilang Rt 01/Rw 08, Kedusunan Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, sekitar Jam 02.00,WIB siang hari, dikejutkan dengan longsornya tebing sekitar bahu jalan dengan ketinggian hampir 40 meter sepanjang sekitar 50 meter dan material longsor menimpa Rumah Warga.

Longsor terjadi siang hari sekitar pukul 14.00 Hari Rabu tanggal 24 Maret 2021, matrial longsor mengakibatkan hancurnya satu rumah warga, dan empat rumah lainnya rusak. Masyarakat sekitar dan pemerintah setempat, RT, RW, dan Perangkat Desa lainnya ,dengan sigap mengevakuasi warga yang rumahnya terkena matrial longsor.

Evakuasi sementara dilakukan oleh masyarakat dan Intansi terkait pemerintah di kedusunan Cidarma,sambil menunggu Bantuan Dari BPBD PEMKAB Sumedang untuk Meninjau dan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak longsor

Awak media matamaja mengkonfirmasi pemerintah setempat, Kamis 25 Maret 2021, langsung dengan Kepala Dusun Cidarma Bapak Nurdin Safri, bersama Babimkamtibmas, Babinsa, yang lagi bertugas di lokasi kejadian mengatakan “Sementara ini, penanganan evakuasi warga terdampak dan pembersihan material longsor dilakukan oleh pemerintah setempat dibantu masyarakat, sekaligus dipandu Babimkamtibmas dan Babinsa dari kecamatan Jatinunggal.

Kadus Cidarma menambahkan “saat ini,kami dan warga menunggu Bantuan dari pemerintah Kabupaten sumedang, untuk membantu warga kampung Cinanggulang yang lima rumahnya hancur, sekaligus penanganan sekitar jalan yang longsor”

Sambil menunggu bantuan dari Bapak Bupati Kabupaten Sumedang, warga masyarakat bergotong royong secara swadaya ,membantu kesulitan yang kena musibah. Harapan masyarakat pemkab Kabupaten Sumedang cepat antisipasi lokasi longsor,sebab situasi dan kondisi jalan tidak aman,mengancam keselamatan wilayah pemukiman warga di bawah bahu jalan ” Pungkasnya. (*DR/Kusnadi)