by

Liga Champions : Atletico Madrid derita kekalahan 0-2 lawan Bayer Leverkusen

Matamaja.com//Jakarta – Atletico Madrid menderita kekalahan 0-2 saat bertamu ke Bayer Leverkusen dalam matchday kedua Grup B Liga Champions di BavArena, Selasa waktu setempat (Rabu dini hari WIB).

Klub asuhan Diego Simeone itu tumbang oleh dua gol Leverkusen yang dicetak Robert Andrich dan Moussa Diaby.

Hasil ini membuat Leverkusen naik ke urutan ke-2 dengan tiga poin dari dua laga, unggul selisih gol dari Atletico yang memiliki poin sama. Puncak klasemen ditempati Club Brugge dengan enam poin. Mereka baru saja menghajar Porto 4-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

Leverkusen mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Namun, dua tembakan dari Robert Andrich pada menit ke-7 dan 11 belum berhasil mengarah ke gawang Atletico yang dijaga Ivo Grbic.

Atletico balas mengancam tembakan pada menit ke-22 lewat tendangan kaki kiri Mario Hermoso, tetapi percobaannya juga tidak tepat sasaran. Leverkusen kembali mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh Karim Demirbay pada menit ke-26, tetapi melenceng ke sisi kanan.

Atletico baru mencatatkan percobaan on target pertama pada menit k-37 lewat tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Joao Felix, sayang laju bola masih terlalu mudah untuk dihentikan Leverkusen, Lukas Hradecky.

Jelang babak pertama usai, Leverkusen mendapat kesempatan bagus lewat Moussa Diaby, tetapi tendangan jarak jauh yang diarahkan ke sudut kanan gawang dihalau oleh Grbic. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Selepas jeda istirahat, Leverkusen kembali memberi tekanan. Patrik Schick punya peluang pada menit ke-48. Namun, sepakan jarak dekatnya membentur tiang gawang Atletico.

Atletico mencoba membalas. Rodrigo de Paul yang baru masuk di babak kedua mendapat celah untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-68, tetapi masih belum bisa menaklukkan Hradecky.

Leverkusen kembali mendapat peluang bagus oleh Odilon Kossounou pada menit ke-72, tetapi eksekusinya hanya menerpa tiang gawang Atletico.

Tim tuan rumah akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-84. Jeremie Frimpong merangsek masuk ke kotak penalti Atletico dari sisi kanan kemudian memberi umpan silang ke tengah kotak penalti.

Andrich menyambar bola tersebut dan mengarahkannya ke kiri gawang. Grbic berupaya menepisnya, tetapi gagal. Leverkusen memimpin 1-0.

Atletico berupaya menyamakan kedudukan, tetapi mereka malah kembali kebobolan pada menit ke-87. Sebuah serangan balik dibangun Callum Hudson-Odoi kemudian diteruskan kepada Frimpong yang berada di sisi kanan.

Tanpa mengontrol bola, Frimpong langsung mengirim umpan silang kepada Diaby yang tidak terkawal di kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan yang tidak bisa dihentikan Grbic. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan selesai.

Susunan Pemain:
Bayer Leverkusen (4-3-2-1): Hradecky, Kossounou, Jonathan Tah, Tapsoba (Bakker 89′), Hincapie, Demirbay, Andrich, Moussa Diaby (Azmoun 89′), Hlozek (Frimpong 69′), Hudson-Odoi (Amiri 90+1′), Patrik Schick (Aranguiz 89′).

Atletico Madrid (5-3-2): Ivo Grbic, Hermoso, Felipe, Axel Witsel, Mandava (Carrasco 62′), Niguez (De Paul 46′), Koke, Llorente, Molina (Griezmann 63′), Joao Felix (AAngel Correa 73′), Morata (Cunha 73′).

(@aher/ANTARA)