by

Kemnaker Dukung Langkah Bupati Turunkan Pengangguran

matamaja.com – JAKARTA.Bupati Dony Ahmad Munir melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), Kamis (25/3/2021). Bupati Dony diterima langsung Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah.  Kemenaker mendukung upaya pemerintah daerah (Pemda) menurunkan pengangguran melalui berbagai program yang sesuai dengan karakteristik demografi daerahnya. Program-program yang dilaksanakan daerah seyogyanya bersinergi dengan program Kemnaker.

“Saya mengajukan berbagai bantuan program sebagai upaya mengurangi angka pengganguran. Sumedang termasuk salah satu dari 20 kabupaten/kota yang mendapat program skill development (SDC). Sumedang juga memiliki progran one village one product,” kata Bupati Dony.

Sumedang mengajukan permohonan bantuan program untuk meningkatkan  sumber daya manusia/peserta pelatihan. Memohon bantuan revitalisasi Balai Latihan Kerja serta bantuan peralatan untuk menindaklanjuti kegiatan SDC.

Menteri Ida Fauziyah sangat mengapresiasi dan Kemenaker bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran dan meningkatkan keahlian SDM. Pemda dapat mengoptimalkan SDM yang ada di daerah untuk dapat masuk ke pasar kerja melalui mekanisme Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Lokal (AKL), maupun Antar Kerja Antar Negara (AKAN). Pemda juga dapat mengembangkan berbagai program peningkatan kompetensi, sehingga mampu bersaing dengan SDM daerah lain dan berkompetisi di pasar kerja nasional. 

“Yakni program-program yang mendorong penempatan tenaga kerja baik di dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja, untuk penempatan tenaga kerja di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Menteri Ida.

Ida menambahkan, potensi SDA dapat digali lebih dalam lagi untuk dimaksimalkan pemanfaatannya oleh SDM di daerah sehingga diharapkan dapat menciptakan wirausaha baru maupun lanjutan, yang pada akhirnya mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja.  “Pengembangan jejaring kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan stakeholder terkait penempatan tenaga kerja perlu dijalin secara konsisten sehingga masing-masing pihak dapat berkontribusi secara maksimal sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing,” kata Ida.(humaspemkabsumedang)