by

Kawasan Danau Toba Sumut Diguncang Gempa 5,2 SR

-NASIONAL-41 views

matamaja – Toba. Kawasan Danau Toba Sumatra Utara diguncang gempa dengan kekuatan 5,0 Skala Ritcher (SR) atau 5,2 SR berdasarkan parameter update.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengungkapkan, gempa di wilayah Danau Toba terjadi pada Sabtu (27/3/2021) sore, sekira pukul 15.46.41 WIB.

“Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini mempunyai magnitudo M=5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=5,2,” terang Bambang dalam siaran persnya.

dapun episenter gempa terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara dalam kedalaman 137 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat dari aktivitas subduksi,” sambungnya.

Mekanisme Sesar Naik

Menurut hasil analisis mekanisme sumber, gempa di wilayah Danau Toba tersebut memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Sementara itu, berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir I-II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Bambang.

Sampai Sabtu (27/3/2021) sore, pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.