by

Kapolrestro Jakpus Cek Kesiapan Pengamanan Gereja Pasca Ledakan di Makassar

matamaja – Jakarta. Pasca teror bom di Makassar, Polres Metro Jakarta memperketat Pengamanan Gereja dan melakukan patroli ke beberapa gereja serta tempat ibadah lain di wilayah hukumnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi saat meninjau pengamanan di Gereja Katedral Jakata Pusat bersama Komandan Kodim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief.

Dalam kesempatan tersebut, Hengki mengatakan jajarannya bersama akan memperketat pengamanan, menggencarkan patroli dan menempatkan personil di sejumlah tempat ibadah.

“Kita tingkatkan penjagaan dan patroli, serta menempatkan personil pengamanan di gereja ataupun tempat ibadah lainnya selama seminggu ke depan,” jelas Kombes Hengki saat meninjau pengamanan di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (28/3/2021).

“Kemudian bersama personil gabungan TNI, Pempov dan Pam Swakarsa serta komunitas lintas agama akan melaksanakan patroli skala besar,” sambungnya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan tempat ibadah, kata Hengki, kepolisian juga akan memberdayakan Pam Swakarsa dalam mengawasi jemaat yang masuk ke tempat ibadah. Selain itu, pihaknya mengecek keberadaan CCTV yang akan memantau situasi.

“Kami juga akan membangun mekanisme screening entry terhadap orang yang akan masuk ke gereja atau tempat ibadah,” ujarnya.

Hengki mengungkapkan aparat keamanan juga akan melaksanakan sambang dan tatap muka kepada pengurus dan jemaat gereja atau tempat ibadah lainnya. Hal ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Sambang dan tatap muka kepada pengurus dan jemaat ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman,” tukasnya. (PMJnews)