by

Kabar Baik, CVR Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Ditemukan

-Nasional-56 views

matamaja.com – Cockpit Voice Recorder (CVR) atau perekam suara kokpit dari pesawat Sriwijaya Air SJ-182, akhirnya berhasil ditemukan pada Selasa (30/3/2021) kemarin. Penemuan CVR ini kemudian diserahkan ke pihak KNKT untuk diteliti lebih lanjut.

“Alhamdulillah, semalam pada pukul 20.00 WIB, CVR telah ditemukan di tempat yang tidak jauh dari lokasi penemuan FDR,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di Terminal JITC, Tanjung Priok, Rabu (31/3/2021).

“Secara teknis, kami sudah melaporkan ke bapak Presiden Jokowi, dan ini akan segera diserahkan ke KNKT untuk diteliti,” sambungnya.

Budi menjelaskan, penemuan CVR dari pesawat Sriwijaya Air ini akan melengkapi data informasi yang telah didapatkan dari FDR sebelumnya.

“(CVR) ini kan berisi percakapan antara pilot-copilot. Tentu kita sangat bersyukur kepada Tuhan atas penemuan ini, karena ini merupakan upaya untuk bisa mendapatkan data informasi lebih baik lagi,” lanjutnya.

Sebagai informasi, pencarian CVR Sriwijaya Air SJ-182 telah memakan waktu yang cukup lama dan metode yang berubah-ubah karena tertimbun puing-puing pesawat dan lumpur di dasar laut.

Penemuan CVR ini jelas merupakan kabar baik, karena CVR sangat dibutuhkan dalam investigasi penyebab kecelakaan pesawat dari Sriwijaya Air yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.(pmjnews)