by

Jokowi Salurkan Bantuan 13 Ribu Sembako untuk Korban Banjir di Bima NTB

-NASIONAL-17 views

matamaja – Jakarta. Presiden RI Joko Widodo telah mengirimkan bantuan berupa 13.000 paket sembako untuk korban banjir di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan tersebur diangkut oleh 17 truk yang dikirim melalui jalur darat.

Kepala BPBD NTB Zainal Abidin melalui Kasi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB Ibrahim Kurniawan menerangkan distribusi bantuan dilakukan dengan dua kloter pengiriman. Bantuan kemanusiaan berupa mi instan, beras, minyak goreng, biskuit, teh dan lain-lain.

“Intinya kebutuhan sembako ya untuk korban banjir,” tuturnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, paket bantuan dari Presiden Jokowi tidak langsung diserahkan kepada warga. Bantuan diserahkan terlebih dahulu ke posko utama yang berada di Kantor Bupati Bima.

Masih dari penuturannya, pengiriman bantuan sembako dari Presiden Jokowi ke wilayah terdampak banjir bandang di Kabupaten Bima dikawal langsung oleh tim keamanan dari aparat TNI Korem 162 Wirabhakti.

Hal itu bertujuan agar bantuan itu terhindar dari kemacetan dan keamanan selama pengiriman terjamin.

“Sengaja pengawalannya diperketat. Ini agar bantuan Pak Presiden itu bisa sampai hingga lokasi pengungsi,” tegas Ibrahim.

Sekedar informasi, sampai Jumat (9/4/2021) siang, sekira pukul 12.00 WITA, situasi di wilayah Kabupaten Bima pascabanjir bandang mulai terpantau kondusif.

Bahkan, Bupati Bima, Indah Damayanti Putri sudah menggerakkan jajaran ASN lingkup Pemkab bersama TNI/Polri untuk mulai bergotong royong membersihkan sisa lumpur dan jerami yang menutupi areal pemukiman dan fasilitas umum. (PMJnews)