by

Jokowi: Hentikan Perdebatan Soal Impor Beras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta polemik terkait impor beras segera dihentikan. Dia menilai polemik tersebut justru akan memicu harga jual gabah di tingkat petani menjadi anjlok.

“Saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” kata Jokowi dalam keterangannya, Jumat (26/3/2021).

Jokowi menjamin pemerintah tidak akan melakukan impor beras hingga Juni 2021 nanti. Kepala Negara juga menyampaikan sudah hampir tiga tahun Indonesia tak pernah mengimpor beras.

Presiden pun memastikan Bulog akan menyerap beras dari para petani. Jokowi juga akan meminta Menteri Keuangan agar membantu terkait penganggarannya.

“Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, polemik rencana impor beras ini tengah ramai diperbincangkan. Rencana pemerintah untuk menjaga stabilitas harga beras melalui impor beras justru menimbulkan pro kontra dari berbagai kalangan.

Pemerintah berencana mengimpor beras sebanyak 1 juta ton pada tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak 500 ribu ton dialokasikan untuk cadangan beras pemerintah (CBP), sementara 500 ribu ton sisanya dikhususkan untuk beras komersial Bulog.(pmjnews)