by

Istighosah dan Syukuran Makam Kramat mbah H. Syarif Banten Salah Tokoh Perjuangan Bangsa

-DAERAH-76 views

matamaja – Majalengka, Acara istighosah di komplek makam mbah H. Syarif Banten salah satu tokoh perjuangan di masa lalu,yang makamnya terletak berada di Desa Bojong Cideres Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka,pada jumat malam tadi (02/04/2021) diadakan malam istighosah sekaligus syukuran rehabilitasi komplek makam mbah H. Syarif Banten.mbah H. Syarif Banten lahir pada tahun 1901 beliau asli putra keturunan Banten namun kemudian menikah dan menetap di Kabupaten Majalengka tepatnya di Desa Bojong Cideres Kecamatan Dawuan hingga meninggal dunia pada tahun 1956.

Dalam pidato sambutannya Kepala Desa Bojong Cideres Usep Saepudin mengatakan bahwa apresiasi disampaikan yang sebesar-besarnya pada keluarga besar mbah H. Sayarif dimanapun berada,pihaknya menyambut baik dengan adanya makam mbah H. Syarif Banten sebagai salah satu aset warisan cagar budaya yang berada di Desa nya dan kita bersama wajib menjaga serta melestarikannya. Kepala Desa Bojong Cideres Usep Saepudin mempersilahkan kepada ahli waris keluarga ataupun masyarakat luas bilamana ada yang ingin berziarah ke makam mbah H. Syarif Banten ini.

Ditempat yang sama atas nama perwakilan dari keluarga besar mbah H. Syarif Banten,yang diwakili H. Iwan mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Bojong Cideres atas segala suport dan bantuan dan perhatiannya pada komplek makam mbah H. Syarif banten sehingga diharapkan kedepan dengan telah direhabnya komplek makam mbah H. Syarif Banten semoga bisa mempererat jalinan tali silaturahmi keluarga besar Bante dan juga masyarakat semua pada umumnya,ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Bojong Cideres beserta jajarannya,perwakilan unsur muspika Kecamatan Dawuan serta tokoh-tokoh agama setempat juga keluarga besar mbah H. Syarif Banten dari segala pelosok tanah air turut hadir dalam acara tersebut yaitu salah satunya rombongan dari Banten,Sukabumi dan daerah lainnya.

Acara itu juga diisi dengan Doa bersama mendoakan Alm mbah H. Syarif Banten serta Doa keselamatan untuk keselamatn Bangsa dan Negara ini yang tengah menghadapi wabah pandemi virua covid 19,acara tersebut diakhiri dengan acara syukuran makan bersama masyarakat Desa Bojong Cideres secara sederhana. Tak lupa Kepala Desa Bojong Cideres Usep Saepudin. Menghimbau kepada semuanya agar tetap mematuhi protokol kesehatan (PROKES) dengan tetap memakai masker bila keluar rumah serta menjaga jarak,demi mencegah pemularan serta memutus mata rantai penyebaran virus covid 19,pungkasnya. (Dicky).