by

Ini Tampang Pemalak Sopir Truk di Jakut yang Suka Ancam Pecahkan Kaca Truk

 matamaja.com – Jakarta, Pihak kepolisian berhasil meringkus tiga pelaku pemalakan sopir truk di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Ketiga pelaku yang berinisial MF (19), MY (19 dan SAA (24) diamankan ketika bersembunyi di daerah Lagoa, Koja, Jakarta Utara.

“Benar memang adanya aksi pemerasan terhadap sopir kontainer yang dilakukan oleh tiga tersangka masing-masing berinisial MF alias D (19), SAA (24) dan MY alias B (19),” terang Kapolsek Koja, Kompol Abdul Rasyid, Jumat (23/7/2021).

“Kejadiannya itu pada Rabu (21/7/2021) sore dan mereka berhasil ditangkap keesokan harinya saat bersembunyi di daerah Lagoa, Kecamatan Koja,” sambungnya.

Abdul menjelaskan, para tersangka melancarkan aksi pemalakan ketika lalu lintas tengah padat. Ketiganya kemudian menaiki ban truk kontainer dan meminta uang secara paksa kepada para sopir.

“Dua pelaku naik ke atas ban kontainer mobil dan meminta paksa uang ke salah satu sopir. Setelah itu, sopir memberikan uang senilai Rp50 ribu,” tuturnya.

“Namun, karena merasa masih kurang, dia minta lagi dengan mengancam akan memecahkan kaca kendaraan jika tidak diberikan. Akhirnya ditambah lagi Rp50 ribu, total semuanya Rp100 ribu,”  terangnya.

“Pengakuannya, uang tersebut digunakan untuk membeli makan dan rokok, semuanya sudah habis digunakan,”  lanjut Abdul.

Atas aksinya tersebut, ketiga orang pelaku dijerat dalam Pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, aksi pemalakan tersebut terekam dan viral di media sosial, salah satunya di akun Instagram @merekamjakarta. Dijelaskan, para pelaku melakukan aksinya di dekat sebuah pabrik saat lalu lintas sedang padat.

“Aksi premanisme kembali menyasar sopir truk kontainer di Jalan Raya Cilincing, tepatnya dekat Pabrik Bogasari, Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. Para preman atau yang dikenal dengan sebutan ‘Asmoro’ beraksi saat arusa lalu lintas sedang macet,” tulis keterangan dalam akun tersebut.(pmjnews)

Topik Hangat