by

Hujan Terus Mengguyur, Lima Desa di Ligung Majalengka di Kepung Banjir

-DAERAH-65 views

matamaja.com – Majalengka. Hujan yang mengguyur wilayah utara Kabupaten Majalengka sejak Minggu sore hingga malam mengakibatkan beberapa Desa di Kecamatan Ligung kebanjiran. Setidaknya ada sekitar 5 Desa di Kecamatan Ligung yang mengalami banjir diantaranya Blok Bagung dan Tipar Desa Ligung Lor, Kertasari, Cibogor, Beber, Blok Lamaran Desa Buntu, Kedungsari dan Leweunghapit, 2 Januari 2021.

Desa Leweunghapit memang langganan banjir setiap musim penghujan tiba, sedangkan desa lainnya rata-rata baru mengalami banjir tahun ini. Setidaknya ada sekitar 5 Desa di Kecamatan Ligung yang mengalami banjir diantaranya Blok Bagung dan Tipar Desa Ligung Lor, Kertasari, Cibogor, Beber, Blok Lamaran Desa Buntu, Kedungsari dan Leweunghapit.

Pemilik akun Anita Kelana Almahera pun menuliskan “Banjir terparah selama cicing di Gerenjeng ( Banjir paling parang selama tinggal di gerenjeng), tulis akun salah satu warga Desa Kertasari.

Pol PP,Tagana Majalengka dan BPBD jabar pun sigap datang ke Desa cibogor untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Cipari yang mengakibatkan Desa Cibogor Dan Kertasari kebanjiran.

Sementara itu akun FB pribadi milik Kuwu Desa beber pun posting situasi bajir di desanya, seraya berdoa agar banjir segera surut tulis akun nya tersebut.

Saat di hubungi via WhatsApp Hafidh sapaan kuwu beber tersebut menyatakan, Banjir di desanya tidak terlalu parah.“Banjir di Beber dampaknya tidak parah, hanya Pesawahan saja yang mungkin terdampak besar” tulisnya melalui pesan WhatsAap.

Banjirpun terjadi Blok Bagung dan Tipar Desa Ligung Lor, Reffie I Gede Kusuma salah satu warga melaporkan kepada awak media terkait banjir yang menimpa desa nya. “Akibat hujan yang di sertai petir dan angin kencang, dari minggu sore hingga senin dini hari mengakibatkan banjir di blok kami” ujarnya.

Masih di Kecamatan Ligung, Sekretaris Desa Kedungsari Moh. Agus Maksum pun memberikan Informasi bahwa Desanya kebanjiran. “Kami masih menunggu petugas yang piket malam ini untuk segera mendokumentasikan kejadian banjir di desa kami” tulisnya melalui pesan WhatsAap.

Perlu adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke area sungai agar aliran sungai tidak tersumbat, dan apabila hujan mengguyur wilayah tersebut tidak akan mengakibatkan banjir.

Diketahui bersama, Kecamatan Ligung berbatesan langsung dengan Kabupaten Indramayu dan Cirebon tersebut juga masuk dalam kawasan Industri di Majalengka, dan tak kurang sudah ada 5 Pabrik di Kecamatan Ligung yang sudah berdiri.(* Didi Rusdi )