by

Hoaks! Mobil merah “ngumpet” di bawah truk, hindari polisi

-NASIONAL-17 views

matamaja.com – Jakarta. Unggahan video yang menampilkan sebuah mobil sedan merah tiba-tiba tampak menyalip kendaraan dari sisi kiri, kemudian masuk kolong truk yang berjalan viral di media sosial.

Unggahan yang muncul pada 17 September 2022 itu menunjukkan mobil sedan yang “ngumput” di bawah truk lantas kembali muncul dan keluar dari sisi kanan.

Sedan berwarna merah itu lantas mengurangi kecepatan dan menghilang dari tangkapan kamera yang merekam kejadian itu.

Ketika kamera kembali memperlihatkan truk yang di depannya, tampak mobil dengan sirine dan lampu strobo melaju kencang dari sisi kiri.

Pengguna Twitter yang mengunggah video berdurasi delapan detik itu menambahkan keterangan bahwa kejadian itu merupakan upaya mobil sedan merah untuk menghindari kejaran mobil dengan strobo.

Unggahan tersebut telah dilihat hampir tiga juta kali, disukai lebih dari 26 ribu pengguna Twitter, dan diunggah kembali oleh empat ribu lebih pengguna lainnya.

Berikut adalah narasi yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia pada unggahan tersebut:
“Cara untuk menyembunyikan mobil mewah Anda untuk sementara”

Namun, apakah benar kejadian mobil sedan masuk ke kolong truk yang tampak pada unggahan video di Twitter itu merupakan peristiwa nyata?

Penjelasan:
Penelusuran terhadap video yang menampilkan mobil masuk ke kolong truk tersebut bukanlah peristiwa sebenarnya.

Video tersebut merupakan karya animasi komputer yang dapat ditelusuri pada akun YouTube 2NCS.

Pada unggahan yang muncul 22 Juli 2019, animator tiga dimensi itu menjelaskan video tentang mobil sedan Ferrari masuk kolong truk untuk menghindari polisi merupakan karyanya dan bukan peristiwa sesungguhnya.

Akun itu menampilkan video tentang pembuatan animasi mobil sedan Ferrari masuk kolong truk. Sedangkan truk itu tampak masih melaju di jalan tol.

“Dengan lebih dari 100 juta penayangan dalam tiga hari, ini adalah video paling populer milik saya,” demikian akun 2NCS menjelaskan dalam bentuk teks video.

Dia lantas menunjukkan video jalan tol dari sebuah bus, tanpa ada truk, mobil Ferrari dan mobil polisi.

“Setelah berjam-jam mengerjakan apa yang terbaik saya lakukan, berakhir seperti ini. Berkendaralah dengan aman,” sebut akun itu seraya menampilkan hasil animasi mobil Ferrari masuk kolong sebuah truk.

Pada akhir video, akun itu menambahkan teks sebagai berikut, “Beri tahu paman kalian bahwa dia salah telah mempercayai kejadian itu.”

(aep/antaranews)