by

Hak Jawab Kepala Desa Dawuan Kabupaten Majalengka Tentang Pemberitaan “Pembangunan Rabat Beton Diduga Sarat Korupsi”

-Daerah-399 views

matamaja – Majalengka. Sehubungan dengan pengajuan Hak Jawab dan hak Koreksi dari Kepala Desa Dawuan tentang pemberitaan matamaja.com dengan link https://matamaja.com/2021/03/25/pembangunan-rabat-beton-diduga-sarat-korupsi/ , maka dengan pengajuan ini matamaja.com memuat hak jawab yang menurut pasal 1 ayat (11) UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers merupakan hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya. Sedangkan hak koreksi menurut ayat (12) merupakan hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.

Dengan dimuatnya Hak Jawab Dan Hak Koreksi ini maka matamaja.com telah menjalankan ketentuan UU No 40 Tahun 1999 dan menghormati hak dari pihak maupun para pihak yang merasa dirugikan nama baiknya. Dan pemuatan Hak Jawab Dan Hak Koreksi ini juga untuk memenuhi harapan dari Kepada Desa Dawuan, Kecamatan Dawuan kabupaten Majalengka

Berikut Hak Jawab dan Hak Koreksi yang dimaksud dengan dimuat secara utuh seperti yang dikirimkan oleh Kepala Desa Dawuan kepada Redaksi matamaja.com  dengan nomor surat: 005/23 – tertanggal 02 April 2021. Adapun isi lengkap surat yang ditandatangani oleh Kepala Desa Dawuan adalah sebagai berikut:

PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
KECAMATAN DAWUAN
DESA DAWUAN
Alamat : Jl. Desa Dawuan No. 01 RT 002, RW 001 Telp. (0233) 662479 Kode Pos 45453

Dawuan, 2 April 2021
Nomor : 005/23 – Desa
Lampiran: —
Perihal: Hak Jawab Dan Hak Koreksi
Pemberitaan.
Kepada :
Yth. Pimpinan Matamaja.com
Di
Tempat.

Berdasarkan pemberitaan di Matamaja.com dengan judul Pembangunan Rabat Beton Diduga Sarat Korupsi https://matamaja.com/2021/03/25/ pembanguna-rabat-beton-diduga-sarat-korupsi/, Tanggal 25 Maret 2021, kami sampaikan bahwa penulis telah membuat berita yang tidak sesuai dengan fakta. dan diantaranya isi berita tersebut disebutkan bahwa:

  1. Nominal pembangunan Rabat Baton di informasikan senilai Rp.43 juta padahal jumlah nominal pembangunan tersebut yang sesuai dengan RAB adalah senilai Rp.33 juta.
  2. Narasi Berita Semuanya opini Pribadi wartawan, serta bertolak belakang dengan realitas, karena ditulis tanpa melalui wawancara, sehingga hanya sepihak.
  3. Dalam penulisan narasi tersebut di tuliskan juga bahwa ada laba kelebihan anggaran kegiatan Rabat Beton dikatakan senilai Rp. 20 Juta, di bawa kabur oleh salah satu oknum karang taruna, yang sangan jelas berita tersebut sangat tidak benar, bertolak belakang dengan realitas.
    Oleh karena itu kami berhak mengajukan hak jawab dan hak koreksi, sebagaimana diatur Pemerintah dari Dewan Pers pada Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers. Maka dengan ini kami meminta Bpk/ibu Pimpinan Media matamaja.com Merevisi Judul dan isi berita yang menyampaikan fakta yang keliru tersebut dalam waktu 1×24
    jam.
    Demikian hak jawab dan hak koreksi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Ditandatangani Kepala Desa Dawuan
ABDUL ROHIMAN BAEHAKI, S.Sy

(redaksi)