by

Gunung Kerinci Alami Erupsi Sore Ini, Jalur Penerbangan Dihindari!

Matamaja.com//Kerinci, Jambi – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat kembali mengalami erupsi hari ini Selasa (1/11/2022) sore, sekira pukul 17.00 WIB.

“Terjadi erupsi G. Kerinci pada hari Selasa, 01 November 2022, pukul 16:59 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 4005 m di atas permukaan laut),” demikian tulis PVMBG dari situs resminya.

Sebagai informasi, Gunung Kerinci mengalami erupsi pada Kamis, 27 Oktober 2022, pukul 17:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 300 m di atas puncak.

Kemudian, PVMBG menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu sampai cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara dan timur laut.

“Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 6 mm dan durasi 500 detik,” ujarnya.

PVMBG pun meminta masyarakat di sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Api Kerinci dalam radius 3 Km dari kawah aktif.

Selain itu, masyarakat juga dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya atau Kawasan Rawan Bencana III.

“Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Api Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,” pungkasnya.

Penduduk yang berada di zona aman dihimbau untuk selalu waspada dan mantau perkembangan aktifitas gunung Kerinci. Sehingga dapat menghindari jatuhnya korban.

(@aher/PMJNews)