by

Gotong Royong Singkirkan Material Longsor

Pemerintah Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja bersama TNI,Polri dan warga bergotong royong menyingkirkan material longsor yang menerjang dua rumah warga di Dusun Munjul RT 01 RW 01 Desa Sukamenak, Jumat (19/3/2021). “Untuk penanganan bencana longsor kami singkirkan dulu material longsor yang masuk ke rumah warga,” kata Kepala Desa Sukamenak, Wawat.

Kemudian, untuk mencegah kejadian longsor terulang lagi di tempat yang sama, warga juga membuat rucuk bambu guna menahan tanah yang berpotensi longsor kembali. “Untuk mengantispasi kejadian longsor lagi pertama mengambil bambu, ya, terus kami buat rucuk bambu biar dapat menahan tanah dulu,” ujarnya.

Tak hanya, pihaknya juga mengimbau pemilik rumah agar tinggal di tempat yang aman untuk sementara. “Dari malam saat kejadian rumahnya sudah dikosongkan. Mereka sementara tinggal di rumah saudaranya,” ujarnya.

Sebelumnya, peristiwa longsor terjadi pada Kamis (18/3/2021) sore. Akibat intensitas hujan yang tinggi tembok penahan tebing (TPT) setinggi 5 meter dan lebar 5 meter ambruk. Material longsor menerjang dua rumah warga hingga dindingnya jebol. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. (agn)