by

DPR Dukung Polri Usut Tuntas Dugaan Pidana Temuan Penyakit Gagal Ginjal

Matamaja.com//Jakarta – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan rakyat (DPR) Habiburokhman mendukung kepolisian dalam mengusut tuntas dugaan pidana atas temuan penyakit gagal ginjal akut yang telah menewaskan lebih dari 100 anak.

“Kami dukung Polri untuk mengusut kasus ini secara pidana hingga tuntas,” terang Habiburokhman kepada awak media, di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Habiburokhman menilai langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit membentuk tim gabungan untuk mengusut kasus gagal ginjal akut tersebut sudah tepat.

“Respon cepat Pak Kapolri sudah sangat tepat. Sesuai dengan aspirasi masyarakat,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Habiburokhman menegaskan temuan obat yang menyebabkan, gagal ginjal kepada anak-anak ini jelas mengandung pelanggaran hukum.

Diketahui, BPOM menemukan kandungan cairan etilen glikol (EG) maupun dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas normal.

“Yang bersalah harus dihukum sesuai tingkat kesalahannya,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan bahwasanya penyakit gagal ginjal akut misterius telah menyebabkan meninggalnya seratusan lebih balita di lndonesia baru- baru ini. Disinyalir kejadian ini sudah berlangsung jauh lebih lama dan jumlah korban jauh lebih banyak sehingga pihak kepolisian melakukan inverstigasi langsung terhadap sejumlah perusahaan Farmasi yg diduga lalai dalam produksi mereka sehingga tercemarnya obat syrop anak oleh EG dan DEG dengan melebihi ambang aman.

(@aher/PMJNews)