oleh

Delapan Anggota TNI AU Ikuti Pelatihan Pasukan Khusus di Yordania

-Kemenlu-66 views

matamaja.com – Yordania. Delapan anggota Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU ikuti pelatihan Aircraft Assault Course for Special Force di King Abdullah II Special Operations Training Center (KASOTC) di Yordania. Pelatihan tersebut berlangsung selama dua minggu, dengan materi teori dan praktek dalam penanganan aksi terorisme di pesawat penumpang sipil.

Dalam penutupan yang diselenggarakan pada Kamis (19/05/2022), Duta Besar RI Amman Ade Padmo Sarwono, Direktur Jenderal KASOTC Brigadir Jenderal Ra’d Doura dan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes AURI turut hadir.

Brigjen Ra’d Doura menjelaskan bahwa KASOTC adalah tempat latihan bertaraf internasional yang telah melatih pasukan khusus dari berbagai negara dalam penanganan aksi terorisme yang disimulasikan dalam beberapa skenario latihan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Keikutsertaan Kopasgat TNI AU dalam pelatihan di KASOTC merupakan yang pertama kali, dan diharapkan kedepannya dapat dilanjutkan serta dapat diikuti oleh satuan lainnya dari TNI, sebagai bentuk realisasi untuk meningkatkan kerja sama kedua negara, khususnya pelatihan peningkatan kemampuan di bidang militer. Selain pelatihan personel, KASOTC juga memiliki kemampuan dalam melatih anjing K-9 untuk penanganan aksi terorisme.

Dubes Ade Padmo Sarwono mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut dan diharapkan kegiatan ini akan menjadi titik awal peningkatan kerja sama bidang pertahanan Indonesia – Yordania, sebagai upaya untuk meningkatkan kerja sama kedua negara diberbagai bidang lainnya.

(Sumber: KBRI Amman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.