by

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Matamaja.com//Tips Kesehatan – Tidak seperti jeruk biasa yang langsung dimakan, jeruk nipis lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran yang dipadukan dengan bahan lain seperti madu, air gula sampai garam. Hal ini disebabkan rasa masam sehinga tidak cocok dikonsumsi langsung.

Kendati begitu, jeruk nipis atau dalam bahasa latin dikenal Citrus aurantifolia merupakan salah satu bahan alami yang sudah terbukti baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022), berikut manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.

1. Sumber Antioksidan
Dikutip heathline.com, jeruk nipis kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

Antioksidan dikenal sebagai senyawa penting yang melindungi tubuh dari radikal bebas, Selain itu, antioksidan dapat menurunkan risiko kondisi kronis, seperti jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

2. Cegah Batu Ginjal
Meskipun batu ginjal berukuran kecil, tetapi keberadaannya sangat menyakitkan bagi tubuh. Kristal kecil in terbentuk di dalam ginjal karena kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium di dalam urine.

Dilansir greatist.com, jeruk nipis adalah salah satu bahan yang dapat mencegah timbulnya batu ginjal karena merupakan sumber sitrat makanan, yang dapat meningkatkan kadar sitrat urine dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal

3. Kontrol Gula Darah
Jeruk nipis merupakan buah-buahan yang rendah karbohidrat. Melansir healthline.com, hal ini pun membuat buah yang satu ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah ketika mengonsumsinya sehingga jeruk nipis baik untuk penderita diabetes.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis membantu mengatur gula darah di pagi hari setelah sarapan.

4. Sehatkan Kulit
Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dilansir medicalnewstoday.com., vitamin C adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen, sebuah senyawa yang terlibat dalam mendukung kulit sehat.

5. Hidrasi Tubuh
Melansir medicalnewstoday.com, perasan jeruk nipis atau irisan jeruk nipis dapat membantu menghidrasi kulit dan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Caranya adalah cukup menambah perasan jeruk nipis di minuman untuk menambah rasa dalam minuman.

(@aher/PMJNews)