by

Bupati Hadiri Launching Gebyar Pajak Raharja XXI “Sadar Pajak Saat Pandemi”

-Daerah-58 views

matamaja – Majalengka. Pemerintah Kab.Majalengka melalui Badan Pendapatan Daerah Kab.Majalengka selenggarakan Launching Gebyar Pajak Raharja XXI denga tema “Sadar Pajak Saat Pandemi untuk membangun Majalengka Raharja”, Launching Gebyar Pajak Raharja tersebut dihadiri Langsung oleh Bupati Majalengka, Bertempat di Gedung Yudha, Selasa (23/03/2021).

Sekda Turut serta mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, selain itu kegiatan disaksikan secara langsung ditempat kegiatan oleh para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, Kepala Bapenda Kab.Majalengka, Kepala Dinas Kominfo Kab.Majalengka beserta para kepala OPD lainnya, para Dirut BUMD, Kepala P3D wilayah Majalengka, pimpinan BIJB, Bank BJB, Kantor Pos, PLN, Perusahaan Leetex Garmen, Kepala BPN atau yang mewakili, selain disaksikan secara langsung ditempat kegiatan, Launching Gebyar Pajak Raharja di saksikan juga secara Daring oleh Kepala Bapenda Prov.Jawa Barat, para Camat dan Kepala Desa ditempatnya masing-masing.

Dalam laporannya, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab.Majalengka, Aeron Randi, A.P., M.P menyampaikan, kegiatan Gebyar Pajak Raharja tahun 2021 kali ini digelar dengan tagline “7 Juni Lunas PBB”, tidak hanya pada tahun sekarang tagline 7 Juni Lunas PBB pun kami lakukan ditahun yang lalu, 7 juni merupakan hari yang istimewa karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari jadi Kab.Majalengka untuk itu dengan tagline tersebut diharapkan masyarakat dapat melunasi PBB P2 sebelum tanggal 7 Juni hal tersebut juga bagian dari membuktikan bahwa masyarakat cinta Majalengka, selain itu pihak Bapenda pun telah menyediakan hadiah bagi wajib pajak masyarakat Majalengka yang telah melunasi PBB sebelum tanggal 7 Juni maka dapat berkesempatan mendapatkan hadiah kendaraan bermotor dan diundi pada saat bertepatan dengan hari jadi Majalengka.

Lebih lanjut Kepala Bapenda Kab.Majalengka mengatakan, adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan Pajak Raharja termasuk didalamnya strategi apa saja dalam mempercepat dan mempermudah pelayanan pada saat wajib pajak akan membayar pajak, termasuk juga konsultasi dan juga mengedukasi kepada seluruh wajib Pajak di Kab.Majalengka untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak. Adapun target Pajak Daerah di Kab.Majalengka pada tahun 2021 sebesar 174 Miliar rupiah, untuk PBB P2 itu sendiri taregetannya sebesar 75 Miliar rupiah.

“Adapun beberapa inovasi dari Bapenda sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak di masa pandemi diantaranya adalah Gebyar PD (Gerakan Bayar Pajak Dimana aja) dengan pembayaran Pajak Dimana aja artinya masyarakat dapat membayar pajak langsung tanpa menunggu kolektor pajak melalui kemitraan yang tengah kita jalin seperti Bank BJB, kantor POS, Alfamart/Indomaret, layanan e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan lainnya,”ujar Kepala Bapenda.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., menyambut baik dan mengapresiasi atas berbagai inovasi yang telah digagas oleh Kepala Bapenda dalam upaya meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk taat membayar pajak. Apa yang di gagas Bapenda dalam model pendekatan dalam menarik minat masyarakat untuk membayar pajak berupa inovasi yang bersifat kreatif dan kolaboratif tentunya harus diimbangi dengan implementasi pemanfaatannya dalam menarik pajak di objek-objek pajak yang telah ditentukan salah satunya dari sektor Wisata di Majalengka yang kita ketahui mempunyai potensi yang luar biasa untuk menghasilkan PAD bagi Kab.Majalengka disamping Pajak PBB P2.

“Saya perlu mengingatkan tidak hanya berbagi inovasi dalam pendekatan memperoleh pajak dari objek pajak namun juga harus terus mengembangkan dan menggali potensi-potensi objek pajak, saat ini Perda Pariwisata sedang diproses dan setelah di sahkan ada kekuatan hukum dan ada aturan-aturan Perbup yang memungkinkan akan dapat menggali lebih potensi dari PAD, untuk itu saya terus dorong Bapenda untuk terus berakselerasi dan berinovasi dalam menggali PAD sebanyak mungkin, untuk itu mari kita terus tingkatkan kesadaran kita dalam membayar pajak terutama PBB meskipun disituasi pandemi tidak menjadi alsan untuk tidak bersemangat dalam berinovasi untuk mewujudkan Majalengka Raharja” ucap Bupati. (wanda)